BADAN PANGAN NASIONAL
Kunjungan Kerja Bersama Komisi IV DPR RI di Sulawesi Selatan, NFA Pastikan Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Saat Nataru Aman

Reses Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024, Komisi IV DPR RI (Bidang Pertanian dan Pangan, Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bidang Kelautan dan Perikanan) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Selatan dengan salah satu agenda “Pengendalian ketersediaan dan stabilisasi pangan”, Maros, Sulawesi Selatan pada Rabu, 13 Desember 2023.

 

Plt. Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Sarwo Edhy bersama Anggota Komisi IV DPR RI yang di ketuai oleh Anggia Erma Rini memastikan pengendalian ketersediaan dan stabilisasi pangan selama Nataru ini aman terutama di sulawesi selatan. stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikuasai BULOG jumlahnya sangat aman untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Saat ini stok yang dikuasai BULOG saat ini ada sebanyak 1,4 juta ton.


Dengan stok beras yang dikuasai BULOG saat ini kemudian dengan tambahan baru penugasan impor dari pemerintah ini maka jumlahnya akan makin kuat untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru dan juga untuk penyaluran sampai dengan tahun depan guna mempertahankan stabilitas harga beras di masyarakat.


NFA meminta Perum Bulog agar menyerap 250.000 ton jagung untuk pakan ternak sesuai penugasan tahun ini. Adapun, stok jagung yang dikelola Bulog saat ini hanya 203 ton atau sekitar 0,08 persen dari target stok jagung nasional sesuai penugasan. Sarwo mengatakan hal ini sejalan dengan arahan Kepala NFA agar penugasan tersebut Bulog diharapkan dapat mengamankan stok minimal cadangan jagung pemerintah (CJP) sebanyak 60.000 ton pada akhir tahun. 


NFA melihat bantuan pangan beras yang digelontorkan pemerintah kepada masyarakat berpendapatan rendah diklaim mampu menurunkan harga beras di pasaran. Badan Pangan Nasional mengatakan hal tersebut terlihat dari tren perkembangan inflasi beras dari bulan ke bulan yang mengalami pelambatan.


Untuk itu, Sarwo mengatakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), bantuan pangan beras diperpanjang hingga Desember 2023, dan direncanakan pada tahun mendatang bantuan pangan beras juga kembali disalurkan dari Januari hingga Juni 2024.



Sarwo juga menuturkan, bantuan pangan beras ini merupakan intervensi stabilisasi beras bersamaan dengan digencarkannya Gerakan Pangan Murah (GPM) di berbagai wilayah, dan operasi pasar beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), pasar modern, serta pasar rakyat.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.