Kunjungan Kerja Ke LDPM di Lombok Tengah

Dalam rangka Kunjungan Kerja BKP Pusat ke NTB, pada tanggal 25 Maret 2015 menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2014 Gapoktan  Bangkit Kembali, di Desa Pendem, Kec. Janapria, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB. Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan kegiatan rutin setiap tahunan yang dilakukan oleh Gapoktan Bangkit Kembali untuk mengevaluasi kinerja dan menyusun rencana kegiatan kedepan.

Dalam pertemuan disampaikan sambutan oleh Sekretaris Badan Ketahanan Pangan (Kementerian Pertanian) dan laporan pelaksanaan LDPM oleh ketua Gapoktan Bangkit Kembali. Selain itu dilakukan diskusi dan tanya jawab dengan pengurus maupun anggota Gapoktan.

Sebagai informasi, Gapoktan Bangkit Kembali terbentuk pada tahun 2011 dengan jumlah anggota sebanyak 197 orang berasal dari 5 (lima) kelompok tani, yaitu Tani Pendem, Beson, Karang Majelok, Motong Bila, dan Maliklo. Sejak berdiri sampai sekarang, Gapoktan Bangkit Kembali telah memperoleh keuntungan sebesar 10 juta  Usaha yang dilakukan antara lain : distribusi dan unit pengolahan. Stok yang dimiliki sebanyak 3 ton beras. Pemasalahan yang dihadapi oleh Gapoktan Bangkit Kembali untuk meningkatkan usahanya anatara lain belum memiliki RMU dan lantai jemur serta mesin pompa air untuk mengairi sawah, karena penanaman padi masih tergantung pada hujan. Selain itu, masalah lainnya adalah belum disampaikan laporan secara tepat waktu dan pembukuan administras keuangan yang belum efektip.

Menjawab permasalahan tersebut khususnya terkait dengan RMU dan Pompa Air, Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan akan menyampaikan kebutuhan RMU kepada Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP) dan untuk penyediaan pompo air, Ditjen PSP siap membantu untuk pengairan sawah.  Sedangkan untuk pembangunan lantai jemur dan pembukuan administrasi keuangan yang belum efektip, agar dapat dialokasikan anggaran melalui APBN ataupun APBD Provinsi dan menyiapkan pelatihan bagi pengurus dan anggota Gapoktan LDPM. 

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.