BADAN PANGAN NASIONAL
Kunjungan Koordinasi PJ Bupati Jayawijaya Dorong Upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) berupaya mewujudkan ketahanan pangan Indonesia untuk memastikan ketersediaan, keterjangkauan dan pemanfaatan pangan bagi lebih dari 270 juta penduduk. Guna mencapai hal tersebut diperlukan tata kelola pangan yang efisien serta harus memastikan distribusi pangan yang merata.


Hal tersebut diungkapkan oleh Plt. Sekretaris Utama NFA Sarwo Edhy saat menerima kunjungan konsultasi dari Pj. Bupati Jayawijaya Sumule Tombo di Kantor NFA, Jum’at (26/1/2024).


“NFA telah meluncurkan berbagai program guna menjaga ketersediaan, stabilisasi dan akses pangan serta pemanfaatannya termasuk keamanan pangan” jelas Sarwo.


Plt Sestama NFA juga menjelaskan terkait upaya menjaga inflasi. “Untuk menjaga inflasi serta stabilisasi harga, NFA juga secara rutin telah melakukan Gerakan Pasar Murah (GPM) di hampir seluruh wilayah Indonesia dan juga melakukan Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP) sejumlah bahan pangan” ungkapnya.


“Selain itu juga terdapat kegiatan bantuan pangan untuk pasca bencana bagi masyarakat miskin ekstrim yang dapat disampaikan pengajuannya dari daerah kepada pusat sebagai pengajuan bantuan untuk daerah rentan rawan pangan.” tutur Sarwo.


Pj Bupati Jayawijaya Sumule Tombo menjelaskan bahwa saat ini wilayahnya menghadapi beberapa tantangan seperti kerawanan pangan, stunting, kemiskinan eksrim serta ditambah dengan terdapat lokasi yang hanya dapat dijangkau dengan moda transportasi udara.


“Mengingat situasi tersebut kami berharap agar kegiatan NFA dapat dilaksanakan di sana (Jayawijaya), seperti misalnya Gerakan Pasar Murah (GPM) dan lainnya untuk kesejahteraan masyarakat” ungkap Sumule.



Pemda juga mengajukan untuk sharing pendanaan untuk beberapa kegiatan, seperti misalnya untuk menambah jumlah paket bantuan pangan.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.