BADAN PANGAN NASIONAL
Kupas Tentang Pengembangan Profesi AKP, NFA Adakan Knowledge Sharing Bersama Komunitas AKP Nasional

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menjalankan komitmennya sebagai instansi pembina Analis Ketahanan Pangan (AKP). Dalam implementasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional Analis Ketahanan Pangan, NFA mengadakan knowledge sharing pada Rabu (5/6/2024) di Jakarta dan diikuti AKP dari berbagai daerah secara daring.

Dalam taklimatnya, Kepala Biro Organisasi, Sumber Daya Manusia, dan Hukum NFA Rachmad Firdaus menuturkan pihaknya bertanggung jawab memfasilitasi pembentukan organisasi profesi Jabatan Fungsional Analis Ketahanan Pangan yang dinamakan Komunitas Analis Ketahanan Pangan Nasional (KAKPN).

"Untuk pengembangan organisasi profesi KAKPN yang unggul dan profesional, adanya forum sharing knowledge seperti ini menjadi sangat baik, karena kita sama-sama dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, sehingga tata kelola dan pengembangan KAKPN dapat semakin progresif," ucap Rachmad.

Menurutnya, saat ini data menunjukkan terdapat sekitar 1.200 Fungsional AKP yang tersebar se-Indonesia. Melalui KAKPN diharapkan dapat terwujud wadah komunikasi dalam hal pengembangan profesi dan akselerasi kompetensi bagi seluruh AKP.

"Hari ini kita telah adakan knowledge sharing bersama narasumber yang mumpuni dan semoga dapat memberikan kita insight, wawasan, dan jejaring kerja yang lebih luas dan strategis. Ke depannya peran AKP dapat semakin dipertajam sehingga dapat mendukung perwujudan 'Pangan Kuat Indonesia Berdaulat' sebagaimana yang sering Bapak Kepala NFA gaungkan," tambahnya.

Hadir sebagai pembicara antara lain Pakar Hukum Yenti Garnasih, Ketua Umum Asosiasi Profesi Jabatan Fungsional Sumber Daya Manusia Aparatur Rita Kardinasari, Ketua I DPP Perhimpunan Penyuluh Pertanian Nazaruddin, Perwakilan Keasdepan Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaan Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PANRB Tamzil Satria, Inspektur NFA Imron Rosjidi, dan Sekjen KAKPN Hasanuddin Rumra.

#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #Bapanas #NFA #PanganKuatIndonesiaBerdaulat #KetahananPangan #AnalisKetahananPangan #KAKPN

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.