BADAN PANGAN NASIONAL
Lakukan Lawatan ke Pisa University Italy, NFA Jajaki Kerja Sama Peningkatan Kapasitas SDM Bidang Keamanan Pangan

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) melalui Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan paralel dalam lawatannya pada Sidang Codex Alimentarius Commission (CAC) ke-46, berkesempatan pula berkunjung ke Departemen Pertanian, Pangan, dan Lingkungan Pisa University di Italy pada Rabu (29/11/2023). Hal tersebut disambut baik oleh Prof. Francesca (Food Policy expert), Prof. Lucca Leone (food law expert), Prof. Agnolucci (food safety expert) selaku civitas Pisa University.


Dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto, menyampaikan bahwa majunya akan regulasi perkembangan keamanan pangan  di Italy diharapkan juga dapat menjadi salah satu regulasi yang diterapkan sebagai solusi untuk mendukung ketahanan pangan nasional.


"Kunjungan ini dimaksudkan untuk  mendapatkan insight terkait penanganan keamanan pangan di Eropa umumnya dan Italy khususnya," ujar Andriko.


Lebih lanjut, Andriko mengungkapkan penganekaragaman pangan dan keamanan pangan menjadi perhatian khusus NFA dalam memenuhi kualitas konsumsi dan standar keamanan pangan bagi masyarakat Indonesia. Kerjasama pemerintah dan swasta dalam program penganekaragaman pangan dan menjaga keamanan pangan merupakan peluang untuk terus meningkatkan partisipasi dalam mendukung implementasi program ketahanan pangan.


"Privat sector berperan penting dalam hal ketersediaan pangan, cadangan pangan, dan ketersedian lab uji keamanan pangan. Selain itu, NFA juga berfokus pada keberagaman konsumsi dan keamanan pangan, yang mana promosi, edukasi, dan sosialisasi keragaman konsumsi dan keamanan pangan dimulai sejak dini melalui program kantin tingkat sekolah dan universitas," ungkap Andriko.


Andriko menambahkan, Keamanan pangan merupakan tanggung jawab bersama yang artinya setiap orang yang terlibat dalam rantai pangan wajib mengendalikan resiko bahaya keamanan pangan. "Kami berkomitmen tinggi, terus membangun konektivitas antara pelaku usaha, termasuk petani dalam menerapkan standar keamanan pangan sebelum produk pangan diedarkan," tambahnya.


Pada kesempatan tersebut, sebagai tindaklanjut harapannya NFA dapat saling berkolaborasi dalam kerja sama dengan Pisa University untuk peningkatan kapasitas SDM di bidang keamanan pangan. Selain itu, juga dilakukannya diskusi terkait kebijakan, strategi, implementasi, dan evaluasi keamanan pangan di Indonesia.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.