BADAN PANGAN NASIONAL
Masifkan Gerakan Mengangkat Potensi Kuliner Berbasis Pangan Lokal

Keragaman potensi pangan lokal menjadi kekuatan yang harus dimanfaatkan secara baik di tengah ancaman krisis pangan global. Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Rinna Syawal mengatakan, keragaman pangan tersebut akan kuat ketika semua pihak dapat bersinergi.  


"Indonesia harus kuat secara pangan. Karena itu, mengantisipasi krisis pangan global, Indonesia harus punya ketahanan pangan yang tangguh dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya pangan lokal yang ada," ungkap Rinna saat menghadiri Talkshow yang digelar Indonesian Gastronomy Community (IGC) pada Kamis (25/01/2024) di Jakarta.  


Dijelaskannya, ruang lingkup tugas dan fungsi NFA mencakup aspek ketersediaan pangan, keterjangkauan pangan, hingga pemanfaatan pangan. "Karena itu,  NFA berkomitmen menjamin pangan tersedia bagi masyarakat dengan harga terjangkau, memastikan aksesibilitas pangan yang merata ke seluruh daerah, menangani daerah rentan rawan pangan, meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat, serta menjamin keamanan pangannya terpenuhi." ungkapnya. 


Indonesia memiliki biodiversitas yang besar dengan kekayaan bahan baku kuliner melimpah, mulai dari rempah-rempah sampai sayur dan buah-buahan. Tercatat ada lebih dari 3.259 jenis kuliner dan lebih dari .5300  makanan asli Indonesia. “Dengan potensi yang besar tersebut sudah saatnya kita kembali ke kuliner lokal, resep lokal, rasa lokal dengan bahan pangan lokal” ungkap Rinna.  


Ketua Imum IGC Ria Musiawan mengatakan pihaknya mengapresiasi upaya pemerintah dalam mendorong berkembangnya gastronomi yang berbasis pada potensi pangan dan kearifan lokal yang ada di Indonesia. Ia juga mengungkapkan IGC telah  melakukan advokasi pangan lokal untuk cegah stunting di berbagai daerah sebagai wujud kontribusi dalam mencegah stunting di Indonesia. 


Rinna mengapresiasi IGC sebagai komunitas yang memberi perhatian pada kuliner nusantara dan mengangkat potensi pangan lokal serta  mendukung upaya penurunan stunting. 


Hal ini selaras dengan semangat yang terus disampaikan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi dalam berbagai kesempatan untuk terus bersinergi dengan berbagai stakeholder dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan berbasis kemandirian dan kedaulatan pangan. 

 

“Kita mendorong agar kuliner nusantara menjadi tuan di negeri sendiri terutama memperkenalkan kepada generasi muda untuk mencintai pangan nusantara dengan cara memperbaiki citra rasa dan tampilannya melalui sentuhan kreasi para chef dan penggiat gastronomi” ungkapnya.



#badanpangannasional #bapanas #nfa #nationalfoodagency #b2sa #penganekaragamanpangan #panganlokal #kulinernusantara #gastronomi

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.