BADAN PANGAN NASIONAL
Membangun SDM Unggul di Era Digital, NFA Adakan Pelatihan Data Science Bersama Goritma Tech

Dalam era perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat terutama dengan adanya kecanggihan Artificial Intelligence (AI), Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) memastikan bahwa SDM-nya mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi menuju era Big Data dan Society 5.0. 


Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Pangan NFA Kelik Budiana dalam Pelatihan Data Science yang dilaksanakan secara daring pada tanggal 6-7 Juli 2023 dan dihadiri oleh 38 perwakilan Eselon II dari lingkungan NFA. 


Menurutnya pelatihan yang digelar dengan menggandeng Goritma Tech ini merupakan langkah konkret dari NFA untuk menghadirkan SDM yang unggul di era digital.


“Pelatihan ini diharapkan akan mendorong kemampuan ASN dan non-ASN di lingkungan NFA menjadi aparatur sipil yang bertalenta digital terutama dalam bidang perancangan dan pengolahan data,” ungkap Kelik.

 

Adapun pelatihan ini direncanakan akan dilakukan dalam tiga tahapan yaitu kelas fundamental, intermediate dan advance. “Seluruh peserta akan diperkenalkan dengan konsep dasar hingga teknik lanjutan dalam Data Science,” jelasnya. 


Pelatihan tahap pertama kali ini menurutnya akan difokuskan pada pemahaman teoritis dan pengolahan data sederhana menggunakan bahasa pemrograman yang tidak rumit. 


“Menariknya, pada dua pelatihan lanjutan kita akan menggunakan studi kasus data di NFA. Supaya memungkinkan peserta untuk mengaplikasikan langsung pengetahuan yang mereka peroleh ke dalam konteks tugas pekerjaan sehari-hari,” tambah Kelik. 


Ia pun berharap agar pelatihan tersbut tidak hanya berhenti pada manfaat internal bagi NFA. Lebih dari itu, kegiatan ini juga dapat mendukung persiapan SDM Digital dalam membangun Sistem Informasi Pangan dan Gizi yang inovatif. 


“Diharapkan seluruh peserta bisa mengakselerasi kecakapan dalam mengolah dan menganalisa data secara efektif, sehingga mereka sudah memiliki bekal yang memadai untuk menghadapi tantangan digital di bidang pangan dan gizi yang semakin kompleks kedepannya,” pungkas Kelik.


Terpisah Kepala NFA Arief Prasetyo Adi mengatakan pengaplikasian teknologi yang tepat dalam pembangunan ketahanan pangan sangat penting. Karena itu ia mendukung sepenuhnya pengembangan SDM handal yang mampu secara cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi. 



#badanpangannasional #ketahananpangan #nationalfoodagency #pangankuatindonesiaberdaulat #nfa #bapanas #kemandirianpangan #kedaulatanpangan

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.