BADAN PANGAN NASIONAL
Mendukung Sustainable Gastronomi Nusantara dengan Memanfaatkan Kekayaan Pangan Nusantara

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) mendukung sepenuhnya upaya berbagai pihak dalam menghadirkan kuliner nusantara yang memenuhi kaidah Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) yang berbasis pada pangan lokal. Hal ini disampaikan Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA dalam acara Pembukaan Restoran Plant Culture di Tangerang Alam Sutera, Banten, pada Jum'at, (02/2/2024).


"Pemerintah sangat mengapresiasi masyarakat yang mempunyai kepedulian dan  komitmen untuk melestarikan kuliner nusantara berbahan baku lokal," demikian disampaikan oleh Rinna.


Lebih lanjut Rinna mengatakan bahwa hal ini sangat mungkin dilakukan mengingat kekayaan sumberdaya pangan yang sangat besar sebagai sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral bahkan rempah-rempah. Semua bahan pangan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan baku kuliner baik yang sudah ada sejak dulu maupun kuliner kreasi resep baru.


"Plant culture mendukung Sustainable Gastronomy Nusantara dengan mengangkat ragam olahan masakan nusantara yang menggunakan bahan rempah alami hasil bumi Indonesia. Melalui tangan para chef yang kreatif berbagai resep yang menarik dengan penuh cita rasa dapat dikreasikan dan membawa kuliner Indonesia mendunia," ungkap Rinna dengan penuh optimis.


Plant Culture merupakan casual fine dining vegan pertama di Indonesia yang mengangkat ragam olahan masakan Nusantara dengan bahan rempah alami hasil bumi Indonesia. Selain itu plant culture juga menggandeng Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kreatif penghasil produk The, kopi dan herbal terbaik Indonesia.


Pendiri Plant Culture, Roedy Kasim juga menyampaikan bahwa salah satu tujuan dari restoran ini menjawab apa yang selama ini dikampanyekan oleh NFA yakni menghadirkan makanan sehat menu vegetarian dengan memenuhi kaidah B2SA dengan memanfaatkan sumber protein nabati. "Kehadiran Badan pangan Nasional pada acara ini diharapkan menjadi dorongan besar bagi kemajuan industri kuliner lokal Indonesia," ungkap Roedy.


Acara ini juga dihadiri oleh Nur Asia Uno, Staf Ahli Kementan, Presiden ICA dan para chef yang tergabung dalam ICA serta para pencinta kuliner nusantara dari kalangan pebisnis maupun entertainment.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.