BADAN PANGAN NASIONAL
Mengatasi Stunting Dengan Efektif Melalui Program Rumah Pangan B2SA

Upaya pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) dalam menurunkan angka stunting di Lombok Tengah semakin nyata dengan pendirian Rumah Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA). Program ini bertujuan menyediakan pangan berkualitas dan edukasi pola pangan B2SA bagi masyarakat, khususnya anak-anak yang terindikasi stunting, gizi kurang, gizi buruk, serta ibu hamil, ibu menyusui, dan calon pengantin.

Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA, Rinna Syawal dalam kunjungannya ke Rumah Pangan B2SA di Desa Sukarara, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Selasa (6/8/2024) menyampaikan pengentasan stunting dan perbaikan kualitas konsumsi pangan menjadi komitmen utama dalam program Rumah Pangan B2SA ini.

"Program Rumah Pangan B2SA ini merupakan langkah strategis dalam penanganan stunting. Kami tentunya optimis dengan intervensi ini dapat mengatasi masalah stunting secara efektif bagi balita dan anak-anak, serta meningkatkan kualitas konsumsi pangan bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan calon pengantin agar keturunannya kelak terbebas dari stunting," ujar Rinna.

Lebih lanjut, Rinna mengatakan dengan adanya Program Rumah Pangan B2SA ini, penerima manfaat akan diberikan  paket makanan B2SA sebanyak 60 kali selama 6 bulan. Paket ini mencakup berbagai jenis bahan makanan yang telah dirancang untuk memenuhi kebutuhan gizi secara optimal.

"Dengan langsung mengintervensi melalui pemberian makanan B2SA, kami memastikan bahwa setiap anak-anak mendapatkan akses kepada makanan yang beragam dan bergizi seimbang. Dengan secara rutin, kami tentunya berharap dapat menurunkan angka stunting dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pangan B2SA," tutur Rinna.

#badanpangannasional #nationalfoodagency #bapanas #NFA #pangankuatindonesiaberdaulat #penganekaragamanpangan #b2sa #makanb2sa #panganlokal #kenyanggakharusnasi #sehatdenganpanganlokal #edukasib2sa #stunting  #kualitaspangan #rumahpanganb2sa #rumahpanganb2salomboktengah #ntb

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.