BADAN PANGAN NASIONAL
Meningkatkan Upaya Penganekaragaman Konsumsi Pangan, NFA Sosialisasikan Pola Konsumsi Pangan B2SA

Dalam upaya peningkatan penganekaragaman konsumsi pangan, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) melalui Direktorat Penganekaragaman Konsumsi Pangan adakan sosialisasi konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA) Oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan beserta jajaran nya, kepala Dinas Seprovinsi Maluku dan Stakholder dan Mitra pada hari Sabtu (7/10/23) di Ambon, Maluku.


Dalam UU 18 Tahun 2012 tentang Pangan Pasal 60, disebutkan bahwa Pemerintah dan Pemda memiliki tanggung jawab untuk mengaktifkan praktek penganekaragaman konsumsi pangan (B2SA) dengan menggencarkan adopsi pola makan yang beragam, kaya nutrisi, dan aman. 


Rinna Syawal, Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA, menekankan bahwa ketersediaan makanan yang memadai adalah dasar yang sangat penting dalam mencapai Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat dan berkualitas. Penelitian-penelitian telah menunjukkan bahwa untuk menjalani kehidupan yang sehat dan produktif, manusia perlu mendapatkan berbagai jenis nutrisi yang terdapat dalam makanan yang mereka konsumsi.


"Mengonsumsi beragam jenis makanan dapat membantu memenuhi kebutuhan zat gizi yang tidak dapat diperoleh hanya dari satu jenis makanan saja, sehingga tubuh dapat mendapatkan asupan gizi yang seimbang. Oleh karena itu, diperlukan usaha untuk mendorong keragaman pangan, yang bisa dilakukan dengan menyediakan beragam opsi makanan yang kaya nutrisi, seimbang, dan tentu saja, aman.". Ujar Rinna.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.