BADAN PANGAN NASIONAL
Menjaga Asa Generasi Emas 2045 dan SDM Produktif, NFA Dorong Pemenuhan Pangan dan Gizi Masyarakat Mulai Sejak Dini

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terus mendorong masyarakat untuk mengubah perilaku negatif makan bersisa (food waste) melalui berbagai inisiasi dan kegiatan edukatif dengan harapan dapat membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya budaya Stop Boros Pangan. Hal ini diungkapkan Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi NFA Nita Yulianis dalam sambutan Launching Genius di SDN 72 Alue Naga, Kota Banda Aceh, Aceh pada Rabu (18/10/2023).


"Ketahanan pangan dan gizi selalu menjadi isu strategis nasional, maka sejalan dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo, keterpenuhan gizi masyarakat harus dijaga dan dipastikan karena sangat berkaitan dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang unggul,” ujar Nita.


Nita menambahkan, Kepala NFA Arief Prasetyo Adi dalam berbagai kesempatan secara terus menerus telah mendorong berbagai upaya pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi masyarakat guna mewujudkan generasi Indonesia yang sehat, aktif, dan produktif, termasuk melalui aksi pemberian makanan tambahan. 


Pada kesempatan ini Asisten II Sekda Aceh Mawardi mewakili Gubernur Aceh mengungkapkan, Prevalence of Undernourishment (PoU) Aceh tahun 2022 sebesar 10,98% masih berada di atas target RPJMN Aceh yakni 10%. Untuk itu perlu dilakukan upaya-upaya yang dapat mendorong peningkatan konsumsi energi untuk hidup sehat, aktif, dan produktif. 


“Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan dukungan pemerintah pusat dalam upaya pemenuhan gizi di Aceh berupa pemberian kudapan serta edukasi untuk siswa dan orang tua, di mana PoU Aceh 2022 menunjukkan sebanyak 10,98 persen masyarakat kurang mengonsumsi energi kurang untuk hidup sehat, aktif, dan produktif dimana belum mencapai target RPJMN Aceh sebesar 10 persen,’’ paparnya.


Launching Genius dilaksanakan pada 17 titik yang tersebar di 5 kabupaten/kota di Aceh, mencakup Kota Banda Aceh, Kabupaten Nagan Raya, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Jaya, dan Kabupaten Aceh Besar dengan jumlah siswa penerima manfaat sebanyak 2.460 siswa. Secara paralel di 4 kabupaten/kota lainnya, kegiatan launching dihadiri Kadis Ketahanan Pangan, lintas OPD terkait, mahasiswa Universitas Teuku Umar, pihak sekolah, termasuk para orang tua murid.



Acara dihadiri oleh Kadis Pangan Aceh Surya Rayendra, Sekda Kota Banda Aceh Wahyudi, Ketua POKJA I TP PKK Elly Nurhasanah, Perwakilan dari AIPGI Denas Symond, Ketua Program Studi Gizi Universitas Teuku Umar Khairunnas, Perwakilan Polsek Syiah Kuala, Perwakilan Koramil Syiah Kuala dan Keucik Alue Naga.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.