BADAN PANGAN NASIONAL
Menuju Cita-cita Mulia Bangsa, Badan Pangan Nasional Luncurkan Buku Daulat Pangan

Deputi bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) gelar peluncuran sekaligus bedah buku Daulat Pangan di Jogjakarta pada Selasa (2/4/2024). 


"Dalam UU 18 Tahun 2012 tentang pangan itu ada 3 definisi yang pertama ketahanan pangan, kita tidak melihat dari mana sumbernya. Yang kedua kemandirian pangan, ini syaratnya harus berasal dari sumber daya lokal yang kita miliki. Lalu yang ketiga kedaulatan pangan, ini sebenarnya esesinya adalah bagaimana kita melakukan perlindungan, punya kebijakan tersendiri terhadap pangan yang kita miliki," ujar Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto pada launching tersebut.


"Nah sekarang yang akan jadi permasalahan, dari sisi ketahanan kita bagus tapi sumbernya bukan dari dalam negeri. kemudian terjadi degradasi pertanian dalam negeri, alih fungsi lahan dan jumlah petani kita menurun. Jika ini tidak dilakukan perbaikan, mempertahankan petani kita untuk tidak beralih profesi, ya ke depan kita akan bersoal," tambah Andriko.


"Dari situlah spirit mandiri pangan harus kita hidupkan lagi, Gus Nas melakukannya dengan pendekatan budaya karna ini menyangkut bagaimana sumber daya lokal kita kelola serta tingkatkan lagi, jadi perlu sentuhan-sentuhan budaya untuk mengingatkan kembali bahwa kita itu negara yang kaya raya," pungkas Andriko.


"Anatomi kedaulatan pangan itu ada di kebudayaan, bagaimana orang jawa, orang bugis, orang sunda dan sebagainya itu kan punya prespektif sendiri dalam melihat pangan, pola konsumsi dan lainnya. Nah paradigma ini lah yang saya gunakan di dalam buku ini," ujar Gus Nas, penulis buku Daulat Pangan.


Buku yang melakukan pendekatan kepedulian pangan melalui kebudayaan ini, menjabarkan kemandirian pangan mulai dari era Majapahit, Mataram Islam hingga era sekarang. 


Dalam diskusi bedah buku Daulat Pangan ini juga menghadirkan berbagai narasumber, antara lain Prof. Drajat Martianto, Prof. Nuhfi Hanani, Prof M. Baiquni, serta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, dan dihadiri oleh Direktur Pengawasan Penerapan Standar Keamanan dan Mutu Pangan NFA Anas, peserta dari kalangan Akademisi, Tokoh-tokoh Jogja, dan Dinas Pangan di Provinsi DIY.



#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #Bapanas #DaulatPangan #MandiriPangan #DIY #Jogja #PanganKuatIndonesiaBerdaulat

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.