BADAN PANGAN NASIONAL
Meriahkan Jaka Sopan 2023, NFA Gelar Gerakan Pangan Murah Untuk Masyarakat Bondowoso

BONDOWOSO – Mewakili Kepala Badan Pangan Nasional, Direktur Pengendalian Kerawanan Pangan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA), Rachmad Firdaus, turut hadir dalam kegiatan Jalan Kaki Bondowoso Dadapan (Jaka Sopan) 2023 yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ishlah Bondowoso, Minggu (8/10/2023).


Gelaran ini merupakan bentuk kolaborasi yang turut melibatkan Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Keluarga Besar Tentara Nasional Indonesia (KBTNI) Kabupaten Bondowoso, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bondowoso, pelaku usaha sektor swasta, dan masyarakat.


Sebagaimana diketahui, Jaka Sopan merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati beberapa hari besar antara lain peringatan Hari Sumpah Pemuda, Hari Lahir TNI, Hari Pahlawan, Hari Resolusi Jihad, Hari Pahlawan, dan Hari Tragedi Gerbong Maut.


Jaka Sopan diperingati dalam bentuk jalan kaki secara bersama sejauh 7 km dari Kota Bondowoso menuju Ponpes Al-Ishlah yang terletak di Kecamatan Dadapan. Jaka Sopan 2023 diikuti oleh para santri, pelajar, anggota TNI dan Polri, BUMN, serta masyarakat sekitar dengan jumlah lebih dari 45.000 peserta.


NFA turut memeriahkan Jaka Sopan dengan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM). Berbagai komoditas pangan dengan harga yang baik disajikan kepada masyarakat Bondowoso yang hadir.


"Pada tiap gelaran GPM untuk masyarakat, pemerintah selalu sediakan berbagai kebutuhan pangan pokok dengan harga yang terjangkau. Ini merupakan arahan Bapak Kepala NFA yang terus mendorong pelaksanaan GPM di berbagai daerah sebagai upaya menjaga ketersediaan pangan dan inflasi. NFA telah meminta kepada seluruh pemerintah daerah untuk rutin melaksanakannya di tiap minggu," beber Direktur NFA Rachmad Firdaus.


Dalam GPM edisi kali ini, disediakan beras Stabilitasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dengan harga Rp 51.000 per 5 kg, beras premium seharga Rp 65.000 per 5 kg, telur ayam Rp 25.000 per kg, dan minyak goreng 'Minyak Kita' Rp 14.000 per liter. Ada pula gula pasir seharga Rp 14.000 per kg, daging ayam Rp 31.500 per kg, dan bawang-Merah Rp 20.000 per kg.


Pada kesempatan yang sama, pimpinan Ponpes Al-Ishlah KH. Thoha Yusuf Zakariya mengatakan, Jaka Sopan ini dimulai sejak tahun 2017. “Alhamdulillah, ini merupakan tahun kedua setelah pandemi yang sempat vakum dan saat ini kembali digelar. Ke depannya acara Jaka Sopan ini agar tetap berjalan, semakin meriah, dan menjadi penyemangat bagi masyarakat Bondowoso," pungkasnya.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.