BADAN PANGAN NASIONAL
Monitoring dan Supervisi PAS AMAN Langkah Konkrit NFA Jamin Keamanan Pangan Segar di Kota Cilegon

Komitmen Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) dalam upaya memastikan pangan yang beredar di masyarakat aman dan layak untuk dikonsumsi, NFA secara intensif terus mengawal pelaksanaan penjaminan keamanan pangan segar di peredaran.


Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto menegaskan hal tersebut pada saat melakukan monitoring dan supervisi program Pasar Pangan Segar Aman (PAS AMAN) di Cilegon, Rabu (10/1/24). "Dalam PAS AMAN, di situ dilengkapi dengan pos pantau, disediakan ruang, SDMnya dilatih, disediakan rapid test, dan dilakukan sampling setiap minggu 2 sampai 3 kali untuk memastikan bahwa dia aman dari residu pestisida dan lainnya," ungkap Andriko.


"Kita dengan mobil laboratorium keliling, jadi nanti mobile ke pasar-pasar tradisional untuk memastikan bahwa produk yang dijual di situ aman untuk dikonsumsi, Pak Sekda juga sudah menyatakan bahwa di pasar-pasar tradisional yang lain juga akan dilakukan hal yang sama dalam rangka pangan yang kita beli dan dikonsumsi oleh masyarakat aman," tambah Andriko.


Dalam kesempatan yang sama, Sekda Kota Cilegon Maman Mauludin juga menyatakana komitmennya. "Kita siap untuk mereplikasi program ini dengan dukungan APBD ke pasar-pasar yang ada di Kota Cilegon, agar pangan segar yang beredar terjamin keamanan dan mutunya sehingga masyarakat yang membeli dan mengonsumsi semakin baik kualitas kesehatannya, pedagang dan pemasok makin besar keuntungannya, dan manajemen semakin paham dan peduli akan pentingnya melaksanakan pengawasan keamanan pangan di pasar rakyat," ujar Maman.


Sementara itu, hasil dari pengujian pangan segar di Pasar Rakyat Blok F Kota Cilegon menunjukkan bahwa seluruh sampel yang diuji dinyatakan negatif, aman dari residu pestisida maupun formalin. 


Sedangkan untuk pemantauan harga, beberapa harga bahan pokok khususnya beras medium masih stabil tinggi di 13.000 - 14.000. NFA telah menyarankan kepada Pemda agar Pasar Rakyat Blok F Kota Cilegon untuk mendapatkan alokasi beras SPHP melalui Bulog untuk stabilisasi harga yang ada.


Berikut kondisi harga pangan pokok strategis per 10 Januari 2024, Beras medium:13.000-14.000, Beras premium:15.000-16.000, Bawang merah: 38.000, Bawang putih: 38.000, Cabe merah besar:55.000, Cabe rawit hijau: 40.000, Daging ayam: 38.000 - 40.000, Daging sapi: 130.000, Ikan kembung: 35.000, Telur: 26.000, Minyak kemasan : 15.000-20.000, Gula kemasan: 17.500; dan Gula curah: 17.000.


Turut hadir dalam giat tersebut, Sekda Kota Cilegon, Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Banten, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Cilegon, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Cilegon, Kepala UPTD Pasar Rakyat Blok F Kota Cilegon, perwakilan Balai Besar POM Provinsi Banten, Dinas Lingkungan  Hidup Kota Cilegon, Dinas Kesehatan Kota Cilegon, dan Direktur PPSKMP NFA.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.