BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Ajak Mahasiswa Dorong Ketahanan dan Keamanan Pangan melalui Penguatan Teknologi Pertanian

Direktur Perumusan Standar Keamanan dan Mutu Pangan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Yusra Egayanti, memberikan Keynote Speech pada UNHAS International Conference on Agricultural Technology (UICAT) ke-2 yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin pada Rabu, 25 Oktober 2023 secara daring. Konferensi internasional yang dihadiri oleh mahasiswa mengangkat tema Strengthening Agriculture Technology and Environmental Sustainability for Food Sovereignty, Security and Safety.


Upaya peningkatan ketahanan pangan, penjaminan keamanan pangan, dan kualitas pangan perlu didukung melalui percepatan transformasi menuju sistem pertanian pangan yang lebih berketahanan, inklusif dan berkelanjutan. Hal ini dapat dilakukan melalui penguatan teknologi pertanian dan sistem pangan yang berkelanjutan, sehingga akan bermuara pada kedaulatan dan ketahanan pangan.


“Dalam menghadapi tantangan yang semakin besar, teknologi pertanian menjadi salah satu jawabannya. Teknologi dapat menghasilkan pangan yang aman dan berkualitas untuk dikonsumsi manusia, dimana keamanan pangan mempunyai peran penting dalam melindungi kesehatan masyarakat dan memastikan praktik perdagangan yang bertanggung jawab,” ungkap Yusra.


Selama sesi acara tersebut, Yusra menekankan juga pentingnya teknologi pertanian yang ramah lingkungan, karena juga akan berperan dalam mendorong kelestarian lingkungan dan sumber daya alam, yang berarti juga mendorong keberlangsungan sistem pangan dan pertanian itu sendiri.


Sejalan dengan arahan Kepala NFA, Arief Prasetyo Adi, yang menyatakan bahwa urusan pangan adalah urusan bersama, maka NFA selalu menggandeng berbagai pihak untuk bersinergi dan berkolaborasi. Tidak lepas dari dunia akademisi, NFA juga selalu membuka kesempatan melibatkan generasi-generasi muda, khususnya kalangan mahasiswa sebagai agent of change untuk dapat berkontribusi terhadap pencapaian kedaulatan, ketahanan, dan keamanan pangan.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.