BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Apresiasi Langkah Sigap Tim Pengendali Inflasi Daerah Jambi Stabilkan Harga Pangan

Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Nyoto Suwignyo meninjau aktivitas perdagangan yang berlangsung di Pasar Angso Duo, Kota Jambi, Provinsi Jambi, pada Rabu, 20 Maret 2024. Dalam keterangannya usai peninjauan, Nyoto mengatakan bahwa harga bahan pangan di sana sangat baik.


“Iya ini saya melihat harga-harga sangat baik  mulai dari gula, beras, bawang merah, bawang putih, hingga berbagai jenis cabai. Setelah melakukan monitoring tersebut, hasilnya menunjukkan bahwa, harga-harga pangan selain bawang putih dan beras di Provinsi Jambi relatif stabil,’’Kata Nyoto.


Dia juga mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Jambi yang telah melakukan pembelanjaan cabai ke daerah produsen di Kabupaten Sleman sebagai upaya memenuhi stok cabai masyarakat. kerja sama antardaerah yang dilakukan oleh Pemkot Jambi ini dinilai berhasil. Terbukti saat tinjauannya ke pasar, harga cabai merah relatif stabil berkisar Rp30 ribu per kilogram.


"Sejalan dengan arahan Kepala NFA yang menyampaikan agar kerja sama antar daerah harus di tingkatkan. Kami sangat mengapresiasi langkah TPID Kota Jambi dalam pengendalian harga cabai, kerja sama antardaerah dengan Pemerintah kota Sleman dan Purworejo untuk mendatangkan cabai dari Sleman dibawa ke Kota Jambi untuk menstabilkan harga adalah langkah yang sangat tepat," kata dia.


Sementara itu, terkait harga beras, ia memastikan bahwa untuk beras premium di Kota Jambi stabil dan masih di bawah harga eceran tertinggi. Kebijakan relaksasi Harga Eceran Tertinggi (HET) beras premium yang telah diberlakukan sejak 10 Maret lalu, diputuskan kembali diperpanjang. Adanya ekstensi kebijakan ini demi mendukung geliatnya produksi beras dalam negeri dan pasokan beras di semua lini pasar senantiasa terjaga.


Ia mengatakan bahwa relaksasi harga eceran tertinggi (HET) beras premium yang dilakukan oleh Badan Pangan Nasional dapat dijalankan dengan baik oleh Pemerintah Provinsi dan Pemkot Jambi. HET disesuaikan dengan adanya selisih lebih tinggi Rp1.000 dari HET sebelumnya. Di Jambi HET beras premium tertinggi menjadi Rp15.400, saat ini di eceran harga beras premium Rp15 ribu per kilogram.


Dalam kunjungannya ke Pasar Angso Duo, Ia ditemani oleh pejabat Walikota Jambi Sri Purwaningsih beserta OPD terkait lainnya.



Diharapkan upaya stabilisasi harga dan pasokan pangan ini dapat berlanjut, sehingga masyarakat Provinsi Jambi dapat menjalani bulan Ramadan dan Idul Fitri dengan kondisi aman dan sejahtera.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.