BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Apresiasi Pemprov Jambi Terkait Peningkatan Indeks Ketahanan Pangan Daerah Melalui Upaya Pengendalian Kerawanan Pangan

Upaya pengendalian kerawanan pangan di Provinsi Jambi terus dilakukan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) melalui kegiatan bersama Pemerintah Daerah dan berhasil meningkatkan indeks ketahanan pangan dari  69,50 di tahun 2022 menjadi 72,17 di tahun 2023 yang ditandai dengan penurunan jumlah kecamatan rentan rawan pangan dari awalnya  7 kecamatan menjadi 4 kecamatan.


“Kami menyampaikan apresiasi atas kinerja Pemprov Jambi dalam usaha seriusnya untuk mengendalikan serta memprioritaskan penanganan daerah rentan rawan pangan di Jambi.” sanjung Sri Nuryanti selaku Direktur Pengendalian Kerawanan Pangan NFA dalam kegiatan audiensi dan koordinasi bersama Pemprov Jambi di Kantor NFA Jakarta (25/1).


Lebih lanjut Nuryanti memberikan saran dalam pengendalian kerawanan pangan di daerah yang mempunyai permasalahan rasio konsumsi lebih tinggi dibandingkan produksinya melalui upaya budidaya tanaman sela penghasil karbohidrat yang diharapkan dapat mengurangi ketergantungan masyarakat Jambi terhadap beras. 


“NFA akan berkomitmen penuh untuk melakukan koordinasi pembangunan pangan lintas sektor bersama Pemprov Jambi, sekaligus melanjutkan program-program terkait pengendalian kerawanan pangan dan penanganan stunting yang telah berjalan di Provinsi Jambi.” Tambah Nuryanti.


Disampaikan pula pada kesempatan tersebut, perkembangan ketahanan pangan Pemerintah Provinsi Jambi periode 2020-2023 dan tantangan yang dihadapi pada daerah tersebut. Terutama mengenai alih fungsi lahan pangan ke perkebunan sawit, penurunan kualitas air, serta bencana alam yang berdampak pada tingginya harga pangan dan mendorong inflasi.



Hadir dalam audiensi tersebut Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Daerah Provinsi Jambi, Biro Perekonomian Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, dan DKP Provinsi Jambi.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.