BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Bahas Potensi Pengembangan Sorgum sebagai Sumber Pangan dan Pakan

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) bersama sejumlah pegiat, praktisi dan stakeholder pangan nasional terus berkolaborasi mendorong pengembangan komoditas pangan lokal. Hal tersebut dalam rangka memperkuat keanekaragaman konsumsi pangan masyarakat. 

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi saat melakukan pertemuan dengan pelaku usaha, asosiasi, dan praktisi pengembangan Sorgum di Jakarta, Kamis, (11/5/2023). Menurutnya, komoditas pangan yang potensial dikembangkan di Indonesia untuk memperkuat keanekaragaman konsumsi pangan masyarakat adalah sorgum. 

"Salah satu sumber pangan alternatif pengganti nasi yang potensial dikembangkan di Indonesia adalah sorgum, pasalnya komoditas ini memiliki kandungan gizi yang tinggi. Dari sisi pembudidayaa, sorgum juga dianggap sebagai tanaman masa depan karena dapat tumbuh dan beradaptasi dalam rentang iklim yang luas, serta membutuhkan air yang relatif sedikit atau toleran terhadap kekeringan," ujarnya. 

Arief menyampaikan, terdapat dua aspek penting yang harus menjadi perhatian dalam upaya memasyarakatkan sorgum sebagai pangan. Pertama, sosialisasi dan pembiasaan masyarakat mengkonsumsi sorgum, berikutnya jaminan produksi atau ketersediaan produk. "Hal paling mendasar adalah bagaimana masyarakat bisa menerima dan terbiasa mengkonsumsi sorgum. Setelah sorgum bisa menjadi sumber pangan yang konsisten di konsumsi, selanjutnya produksi dan pasokannya harus dijaga," paparnya. 

Lebih lanjut Arief mengatakan, selain sebagai sumber pangan, sorgum juga berpotensi menjadi sumber pakan ternak yang dapat mendukung penguatan sektor peternakan nasional. "Pertemuan tersebut juga membahas fisibilitas sorgum sebagai sumber pakan serta potensinya dari sisi ekonomi untuk menggerakkan ekonomi daerah dan mendorong tumbuhnya kesejahteraan petani," imbuhnya. 

Langkah selanjutnya, ia menuturkan, akan dibuatkan kajian dan skema pengembangan sorgum secara terintegrasi dari hulu hingga hilir.

Sementara itu, Pengembang dan Pelaku Usaha Sorgum Diana Widiastuti mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah pengembangan dan budidaya tanaman sorgum di sejumlah wilayah, salah satunya di Papua. "Di Papua saya memberdayakan masyarakat yang ada di distrik kampung untuk menanam sorgum. Alhamdulillah sekarang mereka bisa tanam dan bisa makan dari sorgum itu,” ujarnya. 

Pihaknya mengaku siap mendukung upaya pemerintah mengembangkan sorgum sebagai sumber pangan dan bahan pakan.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan NFA  I Gusti Ketut Astawa, Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto, Ketua Umum Aprindo Roy N. Mandey, serta sejumlah pemerhati dan praktisi pangan.

.


BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #Pangan #PanganNasional #KetersediaanPangan #KeamananPangan #MakanEnak #MakanSehat #B2SA #Kolaborasi #Pangan #Sorgum #pakan

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.