BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Bersama BRIN Kunjungi Balai Besar Pengujian Instrumen Padi (BB PADI) Bahas Penguatan Kerja Sama Pengembangan Varietas Unggul Untuk Penguatan CPP

Dalam rangka meningkatkan dukungan aspek perbenihan di tengah upaya penguatan pasokan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) melalui kerja sama budidaya padi varietas unggul, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan BUMN Pangan melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi), di Sukamandi, Subang, Jumat, (7/7/2023).


Kepala NFA Arief Prasetyo Adi di sela kunjungan mengatakan, pihaknya bersama BRIN dan BUMN serta pelaku usaha pangan tengah menjalankan skema kerja sama budidaya pertanian berbasis bibit unggul di lahan pertanian PT Sang Hyang Seri, di Sukamandi, Subang.


“Kita sedang uji cobakan penanaman di demonstrasi area sejumlah varietas dengan pola dan teknologi budidaya yang berbeda, hasil terbaik nanti akan di duplikasi secara masif melalui kemitraan dengan petani. Hasilnya langsung di serap Perum BULOG untuk mengisi stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP),” ujarnya.


Menurut Arief, keberadaan BB Padi sangat strategis dalam mendukung model sinergitas ini, mengingat BB Padi memiliki keunggulan dalam penyediaan benih sumber dan memfasilitasi peningkatan ketersediaan benih padi bermutu dari berbagai varietas unggul baru. “Seperti kita ketahui ketersediaan benih bermutu sangat menentukan dan menjadi tumpuan utama dalam mencapai keberhasilan budidaya tanaman,” tuturnya.


Lebih lanjut, Arief mengatakan, penerapan model kerja sama pengadaan beras sejak dari on farm ini dapat menjadi jawaban bagi upaya pemenuhan CBP berbasis produksi dalam negeri. “Untuk itu dukungan Kementerian/Lembaga, BUMN, pelaku usaha serta stakeholder pangan lainnya sangat dibutuhkan dalam menyukseskan program ini. Hal ini sejalan dengan arahan Bapak Presiden yang meminta semua pihak dapat saling berkolaborasi untuk memperkuat ketahanan pangan nasional,” ungkapnya.


Kunjungan tersebut dihadiri oleh Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, Sekretaris Utama NFA Sarwo Edhy, Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan I Gusti Ketut Astawa, Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Nyoto Suwignyo, serta Direktur Utama ID FOOD Frans M. Tambunan. Kunjungan diterima oleh Kepala BB Padi serta segenap pimpinan dan pegawai.

.


BadanPanganNasional #NFA #Pangan #Padi #strategiPangan #StabilisasiPangan #MakanEnak #MakanSehat #MakanB2SA #B2SA #Gizi #KetahananPangan #BBPadi #Subang #CBP #CadanganBerasPemerintah

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.