BADAN PANGAN NASIONAL
NFA bersama Dinas Pangan Daerah Percepat Penyaluran Bantuan Pangan

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) himbau Dinas Pangan Daerah perkuat Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) serta percepat penyaluran Bantuan Pangan Beras, Daging Ayam Ras, dan Telur kepada masyarakat. Hal ini disampaikan Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan NFA Rachmi Widiriani dalam Rakor Kegiatan Distribusi dan Cadangan Pangan Tingkat Provinsi Tahun 2023 di Grand Zuri Hotel Yogyakarta (20/05/2023).


"Kami minta Dinas Pangan Provinsi terus mengawal percepatan penyaluran bantuan pangan yang sedang dilaksanakan oleh Perum Bulog dan ID FOOD, tentunya melalui koordinasi dengan Dinas Pangan Kabupaten dan Kota sehingga target dapat tercapai on schedule," ujarnya.


Hingga saat ini jumlah penyaluran Bantuan Pangan Beras tahap pertama telah mencapai 100%. Sedangkan realisasi penyaluran Bantuan Pangan Daging Ayam Ras dan Telur Ayam Ras yang disalurkan di 7 provinsi telah mencapai 69% dengan detail Banten 79%, Jabar 82%, Jateng 95%, Jatim 67%, serta Sumut, Sulbar, dan NTT 33%.


Lebih lanjut dijelaskan, urgensi penguatan cadangan pangan saat ini dilaksanakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk mengantisipasi krisis pangan dunia akibat dampak El Nino serta upaya pengendalian inflasi pangan daerah yang dapat dilakukan melalui optimalisasi penggunaan APBD.



Kepala NFA Arief Prasetyo Adi sebelumnya menyatakan upaya pembangunan Closed Loop Ekosistem Pangan Nasional wajib melibatkan BUMN dan pelaku usaha pangan dari masyarakat sehingga dapat memberikan dampak yang besar bagi upaya penguatan ketahanan pangan nasional. Skema tersebut juga ditopang optimalisasi peran Pemda dalam hal peningkatan fasilitas distribusi baik melalui penguatan sistem logistik pangan dan Rantai Dingin (Cold Chain) maupun pembangunan Hub Distribution Center.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.