BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Bersama KPPU Sepakat Optimalkan Peran Sistem Rantai Pasok Dingin Pangan

Sistem rantai pasok dingin yang diterapkan oleh Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) di berbagai daerah diharapkan dapat berimbas pada peningkatan stok dan meminimalisir potensi produk yang terbuang akibat membusuk atau rusak. Cold storage yang merupakan salah satu bagian dari sistem rantai pasok dingin, berperan penting dalam manajemen logistik pangan agar jalannya proses distribusi minim kendala dan penguatan stok cadangan pangan dapat terwujud.


Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan NFA Rachmi Widiriani memaparkan hal tersebut di tengah diskusi bersama Direktur Ekonomi Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Mulyawan Ranamanggala di Jakarta (22/08/2023). "Selaras dengan arahan Kepala NFA Bapak Arief Prasetyo Adi yang selalu menitikberatkan pentingnya pendayagunaan teknologi dalam pengelolaan pangan, salah satu upaya kami ialah dengan menerapkan cold storage sebagai bagian tak terpisahkan dari sistem rantai pasok dingin. Cold storage ini dapat memperpanjang masa simpan pangan yang mudah rusak atau perishable," ujar Rachmi.


NFA dan KPPU berpandangan sama terhadap urgensi penerapan sistem rantai pasok dingin yang amat diperlukan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, khususnya komoditas perishable seperti cabai, bawang merah, daging ayam, dan sapi/kerbau. Terlebih wilayah Indonesia terdiri dari bentangan geografis yang luas dengan sumber produksi pangan yang belum merata, untuk itu teknologi penyimpanan pangan yang tidak mendegradasi kualitas pangan sangat dibutuhkan.


Berangkat dari hal ini, sejak 2022 NFA telah memfasilitasi sarana prasarana logistik pangan dengan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 40%, antara lain berupa cold storage, reefer container, air blast freezer, dan heat pump dryer di 9 provinsi sentra produksi dan tahun ini akan terus dilanjutkan di 8 provinsi sentra konsumen. 


NFA juga secara kontinyu melakukan pendataan jumlah dan lokasi gudang logistik serta cold storage yang dimiliki oleh BUMN dan kalangan swasta. Ini penting untuk semakin memudahkan koordinasi pendistribusian dan penyimpanan bahan pangan.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.