BADAN PANGAN NASIONAL
NFA bersama Pemkot Bogor Gelar Bazar Pangan Murah pada Ramadan Fest

Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA) terus mendorong pelaksanaan kegiatan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) antara lain melalui Gerakan Pangan Murah (GPM) di berbagai daerah jelang Idulfitri 2023. Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan NFA, I Gusti Ketut Astawa dalam Balkot Ramadhan Fest di Balai Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (10/4) mengatakan kegiatan tersebut merupakan implementasi dari Rakor Pengendalian Inflasi Daerah yang dilaksanakan setiap hari Senin di Kementerian Dalam Negeri.

"Dengan adanya Balkot Ramadhan Fest ini maka masyarakat bisa memperoleh harga yang wajar disaat harga-harga pada musim Ramadan pada umumnya cenderung naik. Apresiasi kepada Pemerintah Kota Bogor," ujarnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Bogor Arya Bima mengungkapkan Balkot Ramadhan Fest yang diselenggarakan mulai tanggal 10 hingga 14 April 2023 diisi oleh 150 UMKM dan stan pelayanan publik. Arya berharap melalui kegiatan-kegiatan yang digelar, pihaknya dapat terus mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat serta meningkatkan posisi Peringkat Terendah Pengendalian Inflasi ke-5 lingkup Jawa Barat yaitu sebesar 0,15 MtM dan 5,29 YoY. 

"Jadi ini kolaborasi Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Kota Bogor untuk pengendalian inflasi dan penguatan ketahanan pangan, mendorong perekonomian daerah, serta pemberian layanan publik kepada masyarakat selama satu minggu kedepan," ungkapnya.

Sementara itu Yuni salah satu pengunjung Balkot Ramadhan Fest mengaku senang dengan bazar tersebut. Ia berharap kegiatan seperti ini bisa terus sering diadakan. "Alhamdulillah ya sangat membantu sekali terutama saat Ramadan ini, semoga bazar seperti ini bisa sering diadakan," ujar Yuni saat ditemui berbelanja Beras SPHP dengan harga Rp 9.450/kg dan minyak goreng Minyakita dengan harga Rp 14.000/lt.

Dalam kesempatan tersebut juga dibagikan secara simbolis bantuan pangan beras kepada masyarakat yang diwakili oleh tiga Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Beras bantuan pangan tersebut selanjutnya akan didistribusikan melalui Drop Point Pos Aja PT Pos Indonesia. 

Di hari yang sama, Presiden Joko Widodo telah meluncurkan penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk bantuan pangan di Sukoharjo, Jawa Tengah. Bantuan ini merupakan bagian dari upaya menstabilkan pangan dan menjaga daya beli masyarakat. Kepala NFA Arief Prasetyo Adi mengatakan, akan terus memantau penyaluran tersebut sehingga sampai ke masyarakat yang membutuhkan. Secara nasional penerima bantuan mencapai 21,3 juta KPM dengan paket beras sebanyak 10 kg untuk setiap penerima dan disalurkan selama tiga bulan mendatang. 

#badanpangannasional #pangankuatindonesiaberdaulat #pangan #ketahananpangan #kemandirianpangan #kedaulatanpangan

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.