BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Bersama PT.SHS dan PT.SAI Siap Melakukan Penanaman Sorgum Pada Akhir Agustus 2023

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) siap melakukan penanaman sorgum di lahan PT SHS pada akhir bulan Agustus 2023. Hal ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama tripartit yang dibangun antara NFA, PT Sang Hyang Seri (SHS) dan PT Sorgum Agrosolusi Indonesia (SAI) pada 1 Agustus lalu.


Direktur Ketersediaan Pangan NFA Budi Waryanto dalam rapat Penyusunan Kerangka Kerja Acuan (KAK) Pengembangan Sorgum di The Alana Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Jumat (04/08/2023) mengatakan pertemuan bersama PT SHS dan PT SAI ini dimaksudkan untuk menyelesaikan penyusunan KAK Kegiatan Sinergitas Pengembangan Teknologi Agribisnis Sorgum melalui Demonstrasi Plot dalam rangka Peningkatan Ketersediaan Pangan sebagai yang akan diimplementasikan ke dalam Petunjuk Teknis (Juknis). 


"KAK ini perlu kita siapkan dengan baik sehingga penyusunan Juknis dan pelaksanaan kegiatan di lapangan nantinya dapat berjalan dengan lancar," ujarnya Budi saat membuka rapat.


Selanjutnya, pengolahan lahan sorgum (estimasi dikerjakan selama 10 hari) direncanakan akan dilakukan pada M2-M3 Agustus 2023. Sedangkan untuk tanam perdana sorgum akan dilakukan pada M4 Agustus 2023. Selanjutnya penyusunan Petunjuk Teknis akan diselesaikan paling lambat Selasa, 8 Agustus 2023 oleh tim dari PT SHS dan PT SAI.


Sebelumnya pada 17 Juli 2023 Kepala NFA Arief Prasetyo Adi juga telah melakukan penanaman sorgum di Desa Kertajaya Sukabumi bersama PT Sorgum Indonesia Group. Adapun sorgum merupakan salah satu komoditas pangan yang menjadi perhatian pemerintah dalam upaya kesiapsiagaan krisis pangan, mengingat karakteristik tanamannya yang memiliki daya adaptasi dengan kebutuhan air rendah sehingga tahan terhadap kekeringan.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.