BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Bersama Stakeholder Bahas Pusat Logistik Berikat Bahan Pokok

Sebagai tindak lanjut pengajuan permohonan PT Sucofindo (Sucofindo) dalam mendirikan Pusat Logistik Berikat (PLB) Bahan Pokok (PLB Bahan Pokok) yang dilengkapi dengan cold storage, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) laksanakan rapat koordinasi di Jakarta, pada Selasa (31/10/2023).


Direktur Ketersediaan Pangan NFA Budi Waryanto yang pimpin rapat mengatakan PLB Bahan Pokok Sucofindo akan mengelola rencana kebutuhan importasi daging kerbau, daging sapi, dan produk-produk bahan pokok lainnya.


“Sebagaimana arahan Kepala NFA Bapak Arief Prasetyo Adi, pengelolaan tata kelola pangan nasional perlu adanya sinergi yang kolaboratif, termasuk dalam hal importasi. Sebelum melakukan impor harus ada koordinasi dengan Kementerian terkait dan semua pihak untuk menentukan berapa besar jumlah bahan dan hal lainnya yang dibutuhkan,” urai Budi.


“Berkaitan dengan agenda pembahasan rapat hari ini, NFA berfungsi sebagai koordinator dalam mengelola data stok. Dalam kaitan itu, NFA akan mendukung terkait permohonan dan perizinan Sucofindo guna menjaga ketersediaan stok dan stabilisasi harga pangan secara nasional,” sambungnya. 


Sebagaimana diketahui, PLB bertujuan untuk memberikan kemudahan akses bahan baku impor dengan cepat dan murah serta memberikan kepastian waktu serta ketersediaan pasokan bahan baku impor. Di samping itu, PLB ini juga bertujuan menurunkan dwelling time.


Turut hadir dalam rapat ini antara lain perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Perdagangan.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.