BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Dampingi Komisi IV DPR RI Cek Stok dan Harga Pangan di Pasar Induk Modern Cikopo, Hasilnya Harga Pangan Jelang Ramadan Relatif Stabil

Pemerintah terus pastikan stabilitas pasokan dan harga pangan pada Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) Ramadan dan Idulfitri melalui pengecekan stok dan harga di berbagai kota. Pengecekan dilakukan secara daring maupun dengan turun langsung ke sejumlah titik pasar. 


Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Maino Dwi Hartono saat mendampingi kunjungan kerja Komisi IV DPR RI ke Pasar Induk Modern Cikopo, Kamis, (7/3/2024), mengatakan, sesuai dengan arahan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi, NFA secara  persisten melakukan pemantauan harian perkembangan harga dan stok pangan di seluruh provinsi di Indonesia. Pemantauan dilakukan melalui laman Panel Harga Pangan maupun dengan turun langsung ke pasar-pasar, baik tradisional maupun modern.


 "Seperti hari ini, kita mendampingi Komisi IV DPR RI melakukan pemantauan harga pangan di Kabupaten Purwakarta, dengan mengunjungi Pasar Induk Modern Cikopo. Secara umum stok bahan pangan pokok aman dengan harga yang relatif stabil atau tidak terpaut jauh dari Harga Acuan Pembelian/Penjualan (HAP) yang telah ditetapkan Badan Pangan Nasional," ujarnya.


Adapun berdasarkan hasil pemantauan, harga beras SPHP Rp 10.900 per kilogram (kg), beras medium lokal Rp 13.500 per kg atau Rp 11.700 per liter, bawang putih Rp 34.000 per kg, bawang merah brebes antara Rp 20.000 sampai 25.000 per kg, kentang Rp 14.000 per kg, cabai rawit hijau Rp 30.000 per kg, cabai rawit merah Rp 35.000 per kg, cabai merah keriting Rp 55.000 per kg, dan cabai merah besar antara Rp 45.000 sampai 48.000/kg.


Anggota Komisi IV DPR RI Budhy Setiawan menuturkan dari sejumlah komoditas tersebut secara umum kondisi pasokan dan harga pangan menjelang HBKN Ramadhan aman. Meskipun ada beberapa komoditas yang mengalami sedikit kenaikan harga seperti bawang putih dan cabai merah keriting.


 “Di Cikopo khususnya memang yang kita tinjau adalah harga sayur-mayur, khususnya kentang, cabai, bawang putih, bawang merah, ya memang ada yang stabil, ada juga beberapa yang turun dan ada beberapa yang naik. Dan ini memang diperkirakan menurut pedagang-pedagang di pasar sembako ini mendekati Lebaran nanti kemungkinan akan ada kenaikan, tetapi itu kenaikan yang wajar. Nah suplai tadi kita sudah pantau juga ternyata suplai juga rutin di sini, sehingga tidak ada gangguan persoalan di pasar induk,” tuturnya


Kunjungan Kerja diikuti oleh segenap anggota Komisi IV DPR RI, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian  Nasrullah, Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha, Direktur Transformasi dan Hubungan Lembaga Perum Bulog Sonya Mamoriska, Perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.