BADAN PANGAN NASIONAL
Potensi Keanekaragaman Hayati Mendukung Keberlanjutan Ekosistem Pangan

Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan Kerja ke Taman Nasional Bukhansan di Korea Selatan, Jumat (26/05/2023) waktu setempat.  Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Komisi IV DPR RI dalam rangka study diplomasi smart farming, pembangunan sektor pertanian dan pangan, kelautan perikanan, lingkungan hidup dan kehutanan yang berkelanjutan serta ramah lingkungan.


Kepala Bukhansan National Park Service Hon Song Kwang yang menyambut rombongan mengatakan, kunjungan ini sangat baik dalam membangun hubungan kedua negara khususnya pertukaran informasi dan potensi kerja sama terkait biodiversitas flora dan fauna serta pelestarian lingkungan hidup. Taman Nasional ini merupakan salah satu dari 23 Taman Nasional yang dimiliki Korea Selatan di mana terdapat lebih dari 1.300 spesies flora dan fauna di dalamnya. 


Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Ermarini menyampaikan bahwa Indonesia memiliki keragaman hayati (biodiversitas) yang besar. Terdapat 54 Taman Nasional yang mencakup karakterisik lanskap, tumbuhan dan laut dengan biodiversitas flora fauna. Dengan kunjungan ini, ia berharap terbangun pertukaran informasi dan menerapkan aspek-aspek yang positif dalam penguatan pembangunan di sektor pertanian dan pangan, lingkungan hidup dan kehutanan yang berkelanjutan serta ramah lingkungan. 


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi yang hadir mendampingi kunjungan tersebut berharap, kelestarian alam yang terjaga di Taman Nasional ini dapat menjadi inspirasi bagi Indonesia, khususnya dalam aspek dukungan terhadap keberlanjutan ekosistem pangan nasional. Dengan hutan yang terjaga, maka sumber air terjaga, dengan itu produksi pangan juga akan terjaga. 


#pangan #pangankuatindonesiaberdaulat #ketahananpangan #kemandirianpangan #kedaulatanpangan #sinergipangan #korsel #kunker #komisiIVDPRRI #dprri

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.