BADAN PANGAN NASIONAL
NFA dan AIPGI Sepakati Kerja Sama, Bangun Sinergi Penguatan Pangan dan Gizi

Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA) terus berupaya secara intensif dan kolaboratif bersama para pihak untuk menguatkan ekosistem pangan yang terintegrasi dari hulu hingga hilir. Berbagai kolaborasi dengan para pihak telah dilakukan baik melibatkan lintas sektor maupun dengan civitas akademika salah satunya dengan menggandeng Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI). 


Untuk membangun sinergi penguatan pangan dan gizi, NFA dan AIPGI telah menandatangani Nota Kesepahaman tentang Sinergitas Penguatan Pangan dan Gizi guna mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional, Senin (26/6/2023) di Bogor. 


Sebagai lembaga kerja sama antar Program Studi Gizi dari Pendidikan Tinggi se-Indonesia, AIPGI melaksanakan fungsi koordinasi, perumusan, dan penetapan kesepakatan tentang pengembangan kualitas pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kemitraan dalam rangka pengembangan ilmu dan pendidikan tinggi gizi yang unggul di Indonesia. 


Untuk itu, AIPGI akan mendampingi OPD Pangan di Provinsi dan Kab/Kota dalam pelaksanaan penyusunan databaseline dan endline, edukasi gizi dan monitoring evaluasi.  


Hal ini tentu sejalan dalam mendukung tugas dan fungsi NFA sehingga dapat mensinergikan program kegiatan, sumber daya, prasarana dan sarana yang dapat digunakan untuk penguatan pangan dan gizi guna mewujudkan ketahanan pangan nasional.



Ruang lingkup dalam Nota Kesepahaman ini meliputi koordinasi, komunikasi, sosialisasi, dan advokasi,penyediaan dan pemanfaatan data dan/atau informasi, peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan, pendampingan, dan edukasi serta pelaksanaan program dan/atau kegiatan ketersediaan pangan, stabilisasi pasokan dan harga pangan, kerawanan pangan dan gizi, penganekaragaman konsumsi pangan, dan keamanan pangan.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.