BADAN PANGAN NASIONAL
NFA dan BRIN Siapkan Kajian Mutu Vanilla

Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA) tengah menyiapkan Kajian Mutu Vanilla dalam rangka mengkoordinasikan posisi Indonesia dalam penyusunan Draft Standard for Vanilla yang sedang dibahas dalam Electronic Working Group (EWG) pada forum Codex Committee on Spices and Culinary Herbs (CCSCH). 


Untuk itu, Direktorat Perumusan Standar Keamanan dan Mutu Pangan selaku koordinator Mirror Committee (MC) CCSCH Indonesia bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama para pakar mempersiapkan kajian tersebut dalam pertemuan pembahasan  pada tanggal 10 Mei 2023 di Jakarta. 


Direktur Perumusan Standar Yusra Egayanti menyatakan bahwa untuk memperluas manfaat hasil kajian vanila ini, pengujian dan analisis dapat dikembangkan tidak hanya semata-mata untuk kebutuhan penyusunan posisi Indonesia di Codex saja, namun juga dapat digunakan untuk penyusunan kebijakan di masa yang akan datang. 


“Data yang dihasilkan akan menjadi bahan bagi Indonesia dalam menentukan posisi atas diskusi terkait parameter dimaksud guna mengakomodir kepentingan nasional di dalam standar pangan (vanilla) internasional,” jelasnya. 



Kajian ini juga akan melibatkan pengambilan contoh vanila dibeberapa sentra produksi untuk menghasilkan data sesuai parameter yang dibahas dalam draft standard Codex for Vanila.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.