BADAN PANGAN NASIONAL
NFA dan Bulog Tarakan Memastikan Ketersediaan Stok Pangan di Gudang Lingkas Ujung

Direktur Pengendalian Kerawanan Pangan NFA, Rachmad Firdaus, didampingi Pimpinan Cabang Bulog Kota Tarakan, Apriansyah, melakukan peninjauan lapangan untuk memastikan Ketersediaan stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikelola oleh Perum Bulog dengan melakukan pengecekan langsung di Gudang Lingkas Ujung, Kota Tarakan (26/9/23).


Rachmad menyampaikan, dari hasil pengecekan tersebut, stok beras Bulog saat ini tercatat 1.400 ton, beras SPHP 40 ton, gula konsumsi 20 ton, dan Minyak Kita 10.000 ltr. Penyaluran beras SPHP melalui retail modern telah disalurkan ke supermarket lokal Sinar terang bersama dengan pasokan sebanyak 2,5 ton. 


Badan Pangan Nasional  memastikan berbagai upaya pemerintah terus dilakukan untuk menjaga stabilisasi harga pangan agar daya beli masyarakat dan inflasi pangan tetap terkendali. "Salah satunya dengan meluncurkan bantuan pangan beras tahap kedua yang menyasar pada masyarakat pendapatan rendah," Ujar Rachmad.


Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menjelaskan secara terpisah, bantuan pangan beras tahap kedua sudah tersalurkan sebanyak 120.275 ton atau 59,89% dari alokasi untuk Bulan September di 38 provinsi. Adapun alokasi penyaluran bantuan pangan beras untuk bulan September sebanyak 200.826 ton.


“Saat ini bantuan pangan tahap kedua telah tersalurkan mencapai 59,89% sehingga diharapkan dapat berfungsi sebagai bantalan yang keberadaannya sangat penting untuk menjaga daya beli masyarakat, khususnya bagi 21,3 juta Kelompok Penerima Manfaat (KPM),” ujar Arief dalam keterangannya, Rabu (27/9).



Arief menambahkan, upaya intervensi ini harus terus dilakukan untuk menjaga daya beli masyarakat. Terutama masyarakat berpendapatan rendah dan menekan laju kenaikan harga beras.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.