BADAN PANGAN NASIONAL
NFA dan Pemkab Karawang Dukung Gelar Pangan Murah Jaga Stabilisasi Harga dan Daya Beli Masyarakat

Pelaksanaan Gelar Pangan Murah (GPM) di berbagai daerah bertujuan untuk menjaga stabilitas harga dan daya beli masyarakat di tengah Hari Besar dan Keagamaan Nasional (HBKN) puasa dan Idulfitri. Hal tersebut disampaikan Deputi II Bidang Kerawanan Pangan Dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Nyoto Suwignyo saat menghadiri GPM bersama Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana di Kabupaten Karawang, Senin, (10/4/2023).

Menurut Nyoto, program GPM secara konsisten terus dilaksanakan di berbagai kabupaten dan kota. Program ini sangat penting sebagai instrumen pengendali harga. “Khusus setiap menjelang HBKN kita akan tambah intensitas pelaksanaannya seperti jelang dan saat Ramadan tahun ini,” ungkapnya.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan, pelaksanaan GPM ini sangat penting untuk menekan inflasi. “Kita tahu Bapak Presiden telah meminta seluruh daerah agar aktif menekan inflasi, untuk itu kita mengadakan pasar-pasar murah agar kebutuhan pokok masyarakat tetap stabil. Apalagi hari ini mendekati hari raya Idulfitri,” jelasnya.

Menurutnya, salah satu sasaran utama GPM di Karawang adalah menyetabilkan harga beras, mengingat Karawang sebagai lumbung beras nasional. Ia berharap dalam upaya stabilisasi harga pangan ini tiap-tiap daerah yang memiliki keunggulan komoditas tertentu bisa berkolaborasi sehingga bisa menyediakan seluruh kebutuhan pangan yang terjangkau bagi masyarakatnya.

Adapun pada pelaksanaan GPM di Karawang yang dimulai siang sampai waktu berbuka puasa tersebut masyarakat ramai memadati stand-stand yang menjual aneka butuhan pangan pokok, seperti beras, minyak goreng, aneka cabai, bawang merah, bawang putih, telur, daging, tepung terigu, serta aneka penganan. “Melalui GPM kita siapkan kebutuhan pangan pokok masyarakat dengan harga terjangkau,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala NFA Arief Prasetyo Adi pada kesempatan terpisah mengatakan, GPM merupakan salah satu strategi yang terus digencarkan NFA untuk menjaga pasokan dan harga pangan pokok di tengah masyarakat. Hal ini juga bagian dari upaya pengendalian inflasi, mengingat komoditas pangan menjadi penyumbang inflasi yang cukup signifikan.

“Kita akan terus masifkan GPM sampai dengan Lebaran. Ini sejalan dengan arahan Bapak Presiden yang meminta untuk menjaga stabilitas harga pangan pada HBKN, maka mendekati Idulfitri ini NFA semakin massif bekerja sama dengan Dinas Urusan Pangan, Kementerian/Lembaga terkait, Bank Indonesia, BUMN, BUMD, serta Asosiasi mendorong peningkatan pelaksanaan GPM di seluruh Provinsi di Indonesia,” terangnya.

#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #Pangan #PanganNasional #KetersediaanPangan #KeamananPangan #MakanEnak #MakanSehat #B2SA #Kolaborasi #Publikasi #Berita #Pangan #Beras #GPM #GelarPanganMurah #Karawang #Gizi

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.