BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Dorong Keamanan Pangan Jadi Fokus Utama dalam Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh

Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Andriko Noto Susanto hadiri pelatihan kepada sejuta penyuluh dari seluruh Indonesia dalam rangka menyiapkan musim tanam (MT) tahun 2023/2024. Dalam pelatihan tersebut, aspek keamanan pangan menjadi salah satu fokus utama yang dipaparkan oleh NFA.


Andriko yang hadir dalam pelatihan tersebut menyampaikan bahwa keamanan pangan merupakan aspek penting dalam menghasilkan pangan yang berkualitas dan aman dikonsumsi.


"Dalam rangka menghasilkan pangan aman di hilir untuk masyarakat, upaya penjaminan harus dimulai dari hulu melalui good practices. Peran penyuluh sangat penting dalam tahapan ini," ujar Andriko.


Andriko menambahkan bahwa peningkatan produksi pertanian harus dibarengi dengan pemenuhan persyaratan keamanan pangan agar pangan yang dihasilkan mempunyai akses pasar yang baik pasar domestik maupun internasional.


Para penyuluh menyambut baik pentingnya aspek keamanan pangan untuk dimasukkan dalam kegiatan penyuluhan. Mereka berharap kolaborasi bisa berjalan lebih lanjut untuk memperkuat aspek keamanan pangan dalam pelatihan dan pendampingan kepada petani.


Sejalan dengan arahan Kepala NFA/Plt. Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi yang menyatakan, keamanan pangan merupakan tanggung jawab bersama, baik pemerintah, petani, maupun masyarakat. "Melalui pelatihan sejuta petani dan penyuluh, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya keamanan pangan, sehingga dapat dihasilkan pangan yang berkualitas dan aman dikonsumsi,". ungkap Arief.


"Penyuluh pertanian memiliki peran penting dalam mendukung target produksi pertanian Kementerian Pertanian di tahun 2024 sebesar 35 juta ton. Oleh karena itu, implementasi satu penyuluh satu desa harus betul-betul dijalankan untuk memudahkan komunikasi antara penyuluh dengan Kementerian Pertanian," tambah Arief.


Menurut Arief, penyuluh pertanian merupakan ujung tombak dalam memberikan bimbingan dan pendampingan kepada petani. Kompetensi penyuluh harus terus ditingkatkan agar dapat memberikan informasi dan teknologi pertanian yang tepat kepada petani.


"Penyuluh harus mampu menjadi jembatan antara petani dengan pemerintah. Mereka harus mampu mengkomunikasikan kebijakan dan program pemerintah kepada petani. Selain itu, kita juga telah menyiapkan semua sarana dan prasarana yang mendukung peningkatan produktivitas pertanian," tutur Arief.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.