BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Dorong Penguatan Komitmen Kepala Daerah dalam Rangka Pengendalian Inflasi Pangan

Dalam rangka penguatan komitmen Kepala Daerah untuk pengendalian inflasi, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) hadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang diselenggarakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi DI Yogyakarta (DIY) di Sahid Jaya Hotel & Convention Yogyakarta pada Selasa (19/09/2023).


Direktur Ketersediaan Pangan NFA Budi Waryanto mengatakan, Pemerintah Daerah perlu melakukan mitigasi resiko kenaikan inflasi pangan melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) termasuk penggunaan Biaya Tak Terduga (BTT), komitmen dukungan Kepala Daerah untuk peningkatan produksi pangan, serta sinergi kegiatan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) di daerah.


"Menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo, Kepala NFA Bapak Arief Prasetyo Adi selalu menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antar stakeholders untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan melalui anggaran yang telah disediakan, khususnya untuk pengendalian inflasi pangan serta mengantisipasi dampak El Nino," ujar Budi.


Adapun sinergi program ketersediaan pasokan dan stabilitasi harga pangan di daerah yang dilakukan salah satunya ialah melalui kerja sama Pemerintah Daerah dengan Perum Bulog dalam hal pengelolaan pangan yang terintegrasi di wilayah DIY dengan Kanwil Perum Bulog DIY.


Turut hadir dalam Rakorda tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Kapolda DIY, Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kanwil DIY, serta Kepala Bank Indonesia Perwakilan DIY. 

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.