BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Dorong Peningkatan Produksi dan Produktivitas Industri Gula Nasional dalam National Sugar Summit 2023

Dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat akan gula konsumsi, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terus mendorong upaya peningkatan produksi dan kerja sama dengan negara-negara sahabat yang dilakukan oleh BUMN, asosiasi, maupun pelaku usaha pangan.


Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan NFA I Gusti Ketut Astawa dalam National Sugar Summit (NSS) 2023 yang diselenggarakan AGI, IKAGI, dan ID FOOD di gedung WRT Jakarta (13/12/2023) mengatakan, pemerintah siap memberikan dukungan terhadap segala upaya yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gula nasional, baik melalui produksi maupun importasi.


"Karena kita masih membutuhkan importasi, maka yang bisa memberikan atau bisa menambah lahannya, menambah lahan tanamnya, menambah produktivitasnya, atau meningkatkan rendemennya mestinya dikasih reward. Nah ini kita akan carikan polanya," beber Ketut.


Sebagaimana diketahui Produktivitas tebu di Brazil dapat mencapai angka 135 ton/ha dengan rendemen di atas 13%, sementara produktivitas tebu Indonesia baru mencapai 61,5 dan rendemen 7,3%. Sedangkan dari kebutuhan nasional 3,4 juta ton dengan perkiraan produksi 2,2 juta ton, masih dibutuhkan 1,2 juta ton (30%) pengadaan dari luar negeri.


Untuk itu NFA mendukung upaya peningkatan produksi serta produktivitas tebu dan gula dengan target produktivitas 93 ton/ha, penambahan areal tanam 700.000 ha, rendemen hingga 11%, dan peningkatan kesejahteraan petani tebu sesuai amanat Perpres 40/2023.



Adapun Persetujuan Impor (PI) tahun 2023 yang telah diberikan kepada para pelaku usaha baru dapat direalisasikan penuh pada pertengahan Januari 2024 mendatang, mengingat naiknya harga gula internasional akibat tingginya biaya produksi, penurunan produksi akibat perubahan iklim, serta kebijakan restriksi ekspor dari negara produsen.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.