BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Dorong Peran Mahasiswa Peternakan Untuk Wujudkan Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045 dan SDGS Tanpa Kelaparan (Zero Hunger)

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) hadiri forum Temu Ilmiah Mahasiswa Peternakan Indonesia (TIMPI) 2023 yang diselenggarakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) di Universitas Padjajaran, Bandung pada Sabtu (02/09/2023). 


Direktur Ketersediaan Pangan NFA Budi Waryanto menyampaikan bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang pemenuhannya dijamin dalam undang-undang sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas serta pilar pembangunan nasional yang berperan menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Untuk itu pemerintah bersama masyarakat dan mahasiswa berkewajiban untuk mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan tingkat nasional, daerah, hingga perseorangan.


"Pangan merupakan tanggung jawab antara pemerintah bersama dengan masyarakat, maka itu Kepala NFA Bapak Arief Prasetyo Adi selalu mendukung peningkatan peran mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa untuk turut mewujudkan ketahanan pangan nasional yang mandiri dan berdaulat," ujarnya. 


Dalam simposium yang bertemakan “Peran Mahasiswa Peternakan dalam Mewujudkan SDGs Tanpa Kelaparan dan Lumbung Pangan Dunia 2045” ini mahasiswa memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai kemandirian pangan dan mewujudkan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia sesuai visi Presiden Jokowi. Budi berharap TIMPI sebagai salah satu wadah pembelajaran, mahasiswa dapat berperan aktif dalam membangun kesadaran serta inovasi di sektor peternakan.


Acara yang turut dihadiri perwakilan Kementerian Pertanian, PT Berdikari, akademisi, dan praktisi tersebut juga dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merumuskan rekomendasi dan rencana aksi yang dapat diterapkan dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas peternakan mendukung Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia 2045. Pada kegiatan ini mahasiswa juga dituntut untuk berinovasi dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada di sektor peternakan guna mewujudkan SDGs Tanpa Kelaparan (Zero Hunger).

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.