BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Dorong Perbaikan Pangan dan Gizi Anak Wujudkan Generasi Emas 2045

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) mendukung upaya perbaikan pangan dan gizi masyarakat salah satunya melalui pemberian makanan tambahan untuk anak sekolah khususnya di tingkat sekolah dasar. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi NFA Nyoto Suwignyo saat berkesempatan melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kota Probolinggo dan diterima secara langsung oleh Kepala DKPP Aries Santoso, Kamis (11/5/2023).

"Program seperti pemberian makanan tambahan ini akan memiliki efek ganda karena selain bertujuan untuk perbaikan gizi guna mewujudkan generasi emas 2045, juga diharapkan akan dapat membantu petani maupun peternak di sekitar wilayah tersebut", ungkap Nyoto.

Ia mencontohkan, sebelumnya terdapat program bantuan pangan berupa daging ayam dan telur ayam untuk 1,4 juta Keluarga Risiko Stunting (KRS) yang telah digelontorkan sebelum lebaran hingga tiga bulan ke depan menyerap hasil panen dari para peternak untuk dikonsumsi masyarakat dengan risiko stunting.

Dikatakan Nyoto, hal ini sesuai dengan arahan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi bahwa upaya seperti ini merupakan bagian dari membangun ketahanan pangan yang terintegrasi dari hulu hingga hilir. Di hulu, produk pangan yang dihasilkan petani, peternak, dan nelayan harus diserap oleh pasar, dan pemerintah berperan dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan. Di tingkat hilir, juga didorong agar produk pangan tersebut dapat dimanfaatkan pada program-program pemerintah yang berkaitan dengan peningkatan ketahanan pangan dan gizi. 

Nyoto juga menerangkan bahwa NFA memiliki Peta Kerentanan dan Kerawanan Pangan (FSVA) yang merupakan instrumen penting untuk mengukur dan memitigasi kerawanan pangan di Indonesia. Hasil FSVA dapat dijadikan dasar dalam penentuan kebijakan dan intervensi program yang dilakukan oleh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, termasuk menentukan sasaran dalam program pemberian makanan tambahan tersebut. 

#pangan #pangankuatindonesiaberdaulat #fsva #bantuanpangan #ketahananpangan #kemandirianpangan #kedaulatanpangan #sinergipangan #kerawananpangandangizi

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.