BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Dorong Percepatan Penyaluran Bantuan Pangan Beras di Kabupaten Magelang dan Tambun

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) meminta Perum Bulog dan PT Jasa Prima Logistik (JPL) turut melibatkan Dinas Pangan Kabupaten/Kota setempat dalam upaya penyaluran bantuan pangan beras bagi masyarakat yang membutuhkan. Hal tersebut disampaikannya Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan NFA Rachmi Widiriani saat melakukan pemantauan dan evaluasi di Gudang Perum Bulog Danurejo, Kanca Magelang (05/05/2023).

"Untuk mempercepat proses penyaluran bantuan pangan beras agar segera dilakukan langkah-langkah kolaboratif dengan melibatkan Pemda setempat," ujarnya. 

Beberapa langkah strategis yang perlu dilakukan antara lain melakukan koordinasi bersama Dinas Pangan dan Dinas Sosial sebagai upaya akselerasi proses validasi data Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Wilayah-wilayah yang telah dinyatakan valid sebagai penerima bantuan pangan bisa langsung dilakukan penyaluran sesuai dengan titik bagi yang telah ditentukan dengan berkoordinasi dengan petugas Kecamatan dan Kelurahan untuk memperlancar penyaluran. 

Sebelumnya Kepala NFA Arief Prasetyo Adi telah meresmikan penyaluran bantuan pangan beras tahap kedua pada 2 Mei 2023. Arief berharap penyaluran bantuan pangan tahap pertama dan kedua dapat diselesaikan segera tanpa jeda sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk membantu pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.

"Penyaluran bantuan pangan beras tahap pertama harus segera diselesaikan agar tidak terlambat untuk penyaluran tahap berikutnya," tambah Rachmi. 

Kabupaten Magelang telah menyalurkan sebanyak 735 ton dari target penyaluran 1.533 ton CPP (47,95%). Sedangkan di Kabupaten Temanggung telah menyalurkan 409 ton dari 859 ton (47,60). Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Beras untuk pemberian Bantuan Pangan sebagai program top up dari bantuan sebelumnya dengan target 21.353 juta penerima yang akan diterimakan selama tiga bulan masing-masing 10 kg. 

Dalam kesempatan tersebut dilakukan pula kunjungan pemantauan penyaluran di Desa Ngadirojo dan Kalijoso Kecamatan Secang Kabupaten Magelang dan Kelurahan Banyuurip Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.