NFA Dukung Kampanye Buah Nusantara, Gencarkan Pangan B2SA

Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Rinna Syawal menghadiri Kampanye Gemar Buah Nusantara ke Sekolah yang diselenggarakan oleh Kemenko Bidang Perekonomian Republik Indonesia di SDN Duri Kosambi 06 Pagi, Jakarta Barat, Selasa (27/09/2022).


Sebagai bagian dari kegiatan Gelar Buah Nusantara (GBN) yang dilaksanakan Kemenko Perekonomian, kampanye ini bertujuan mengedukasi siswa Sekolah Dasar agar dapat mengenal aneka buah dan mengetahui pentingnya mengonsumsi buah untuk kesehatan.


NFA mendukung kampanye makan buah ini sebagai sosialisasi dini kepada generasi muda mengenai pentingnya konsumsi buah dan sayuran. Berdasarkan skor Pola Pangan harapan (PPH) 2021, diketahui konsumsi sayur dan buah masih belum memenuhi standar, yaitu 4,9 persen dari porsi ideal 6 persen. Sedangkan untuk hidup sehat, aktif, dan produktif harus diiringi dengan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman.


Karena itu, NFA juga mengampanyekan gerakan pangan B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman). Beragam artinya banyak jenis bahan pangan dengan kandungan gizi berbeda namun saling melengkapi.  Bergizi seimbang artinya mengandung zat gizi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan mikro (vitamin dan mineral). Jumlahnya harus sesuai dengan kebutuhan. Sementara aman artinya bebas dari bahan kimia, cemaran fisik, dan biologis. Adapun jika ada Bahan Tambahan Pangan harus sesuai dengan aturan yang ada.


Yuk Makan buah dan Sayur setiap hari.


#badanpangannasional #pangan #panganlokal # buah #sayur #makanenakmakansehatmakanb2sa #pangankuatindonesiaberdaulat #panganaman #diversifikasipangan

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.