BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Dukung Kolaborasi Stakeholder Dalam Rangka Edukasi dan Sosialisasi Kelor untuk Penganekaragaman Pangan

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) melalui Direktorat Penganejaragaman Konsumsi Pangan menerima kunjungan dari Asosiasi Beyond Moringa Indonesia (ABMI) di Jakarta, Senin (25/9/2023). Pertemuan ini membahas tentang Penganekaragaman Konsumsi Pangan khususnya daun kelor (Moringa Oleifera) yang memiliki banyak sumber gizi dan manfaat serta mudah untuk dibudidayakan.


Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA, Rinna Syawal menjelaskan jika NFA telah melakukan beberapa kegiatan untuk mempromosikan konsumsi daun kelor sebagai sumber pangan berbasis kearifan lokal. Salah satu kegiatan tersebut yakni pemberian 10.000 porsi sarapan B2SA gratis dengan menjadikan daun kelor sebagai menu utama pada HUT ke-2 NFA yang diselenggarakan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Agustus 2023 lalu.


Lebih lanjut, Sebagai bentuk dukungan akan keberagaman pangan lokal, NFA membuat kampanye promosi bertajuk “Sejuta Manfaat Kelor." Rinna menyampaikan bahwa NFA bersedia untuk mendukung kegiatan edukasi, promosi dan sosialisai penganekaragaman pangan khususnya untuk peningkatan konsumsi daun kelor.


Susi Rana Manggala selaku Chairman ABMI menjelaskan jika Moringa atau Kelor merupakan tanaman superfood yang memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kelor juga merupakan tumbuhan dengan kemampuan beradaptasi pada cuaca ekstrim, tanah, dan perubahan lingkungan lainnya. Hal tersebut selaras dengan persiapan Indonesia dalam menghadapi krisis pangan yang dikarenakan oleh faktor perubahan iklim.


Lebih lanjut, Chaedar menjelaskan kegiatan yang telah dilakukan oleh ABMI diantaranya melakukan edukasi tentang manfaat Kelor, konsolidasi mengenai penganekaragaman khususnya Kelor, pembuatan digital platform dan melakukan pelatihan mengenai teknologi pengolahan yang berkaitan dengan daun kelor.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.