BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Dukung Konektivitas Pangan Antar Daerah Dengan Hadiri Pembukaan Festival Bawang Merah

Upaya untuk pengendalian inflasi pangan akan difokuskan melalui upaya memperkuat konektivitas pangan antar daerah, hal tersebut untuk menjaga stabilisasi stok, pasokan dan harga pangan, serta untuk meningkatkan keterjangkauan pangan masyarakat.


Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Nyoto Suwignyo disela-sela pembukaan Festival Bawang Merah di Brebes, pada Jum’at (21/7/23).


“Kami sangat mengapresiasi penandatanganan kerjasama antar daerah untuk pasokan dan distribusi bawang merah yang dilakukan antara Kabupaten Brebes dengan Kota Tegal dan Kota Jambi, hal tersebut perlu dilakukan oleh daerah dalam upaya pengendalian inflasi pangan” ungkap Nyoto.


Pemerintah akan terus berupaya melalukan untuk dapat mengendalikan inflasi melalui berbagai intervensi. “Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP) antar daerah, Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk stabilisasi harga dan bantuan pangan, serta operasi pasar atau Gerakan Pangan Murah (GPM) adalah upaya intervensi yang telah dilakukan oleh pemerintah” Jelas Nyoto


Hal tersebut sejalan dengan arahan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi beberapa waktu lalu yang menekankan dua hal yang perlu dilakukan oleh daerah dalam kerangka pengendalian inflasi pangan yaitu penguatan Kerjasama Antar Daerah (KAD) dan penyusunan neraca pangan daerah. “Setiap daerah memiliki potensi produksi pangan yang beragam. Ada wilayah surplus dan ada wilayah defisit, membutuhkan sinergi dan komunikasi sehingga keterjangkauan pangan merata di seluruh daerah” jelas Arief.


PJ Bupati Brebes Urip Sihabudin pada sambutan pembukaannya menyebutkan bahwa bawang merah merupakan ikon dari Kabupaten Brebes itu merupakan salah satu alasan dilakukannya festival bawang merah ini, dimana 34 ribu hektar dari 63 ribu lahan pertanian ditanami dengan bawang merah.


“Kabupaten Brebes merupakan pusat produksi bawang merah terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu penyangga pasokan nasional dengan berkontribusi sekitar 20 persen” ungkap Urip.



Pada kesempatan tersebut Badan Pangan Nasional memfasilitasi pelaksanaan Gelar Pangan Murah (GPM) dan pemberian bantuan paket sembako kepada 100 anak yatim yang diserahkan secara simbolis oleh Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi NFA Nyoto Suwignyo didampingi oleh Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Maino Dwi Hartono.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.