BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Dukung Pemprov Bali Siapkan Pasar Induk Berbasis Digital

NFA dukung upaya pengendalian inflasi pangan wilayah Bali dan Nusa Tenggara (Balinusra) melalui Inspirational Speech dalam forum Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Balinusra di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Rabu (17/05/2023).


Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Nyoto Suwignyo mewakili Kepala NFA mengingatkan sinergi dan kolaborasi menjadi kunci utama dalam pengendalian inflasi sesuai arahan Presiden Joko Widodo dalam Rakornas Tim Pengendalian Inflasi Pangan (TPIP) 18 Agustus 2022. Oleh sebab itu Nyoto mengajak seluruh pihak untuk terus melakukan upaya-upaya monitoring harga, penguatan data, hingga pembangunan pasar induk daerah. Menurutnya melalui upaya ekstra efforts pengendalian inflasi pangan dapat dilakukan dengan optimal. 


"Terima kasih atas kolaborasi yang telah dilakukan selama ini, hal ini perlu kita jaga serta tingkatkan sehingga stabilitas pasokan, harga pangan, dan inflasi bisa terus dikendalikan," ujarnya.


Dirjen Bina Keuangan Daerah Agus Fatoni saat membuka acara mengatakan kerja sama pengendalian inflasi yang selama ini juga dilakukan melalui Rakor Pengendalian Inflasi Daerah di Kemendagri setiap hari Senin telah membuahkan hasil positif, inflasi Bali pada April 2023 tercatat 0,4% MoM, sehingga tingkat inflasi secara tahunan tercatat 4,45% YoY dimana angka tersebut lebih rendah dari Maret 2023 yang tercatat 5,46%. Upaya pengendalian inflasi ini salah satunya dilakukan melalui pemerataan pasokan dari daerah surplus ke wilayah defisit. 


"Kerja sama antar daerah dalam hal pemantauan pasokan dan harga pangan serta subsidi transportasi menjadi salah satu upaya bersama yang dapat dilakukan untuk menekan inflasi," ujarnya.


Sementara itu dalam sambutannya, Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan prestasi Bali selama ini tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten dan Kota. Untuk itu ia mengajak seluruh jajarannya untuk mencapai target inflasi tahun 2023 sebesar 3%(+1%) pada akhir tahun 2023 sesuai target nasional.


Dalam kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan MoU dan peresmian Sigapura. Selanjutnya acara diikuti dengan pelepasan penyaluran komoditas pangan penyumbang inflasi ke beberapa daerah serta peninjauan Gelar Pangan Murah (GPM). Turut hadir dalam GNPIP Balinusra 2023 Anggota Komisi XI DPR-RI I Gusti Agung Rai Wirajaya, Deputi Gubernur Senior BI Destri Damayanti, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan I Made Dirga, Perumda Varia Niaga, Perumda Swatantra Kab. Buleleng, Koperasi NTB Syariah, dan Kantor Perwakilan BI Bali.



#pangan #pangankuatindonesiaberdaulat #panganaman #rakorinflasi #inflasipangan #sinergipangan #ketahananpangan #kemandirianpangan #kedaulatanpangan

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.