BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Dukung Pengembangan Puspa Jawara sebagai Distribution Centre Pangan Daerah

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) hadiri Launching Puspa Jawara dan Gelar Pangan Murah (GPM) di Jawa Barat yang dibuka Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat di Kota Bandung pada Sabtu (27/05/2023).


Puspa Jawara adalah Pusat Kios Pangan Jawa Barat yang menjadi outlet pemasaran pangan kepada masyarakat untuk memperoleh harga pangan yang terjangkau, murah, dan berkualitas. Berlokasi di Komplek Perumahan Sawo Endah Pemda Provinsi Jabar, Puspa Jawara diharapkan dapat menjadi distribution center pangan untuk wilayah Jawa Barat.


Dengan adanya Puspa Jawara yang akan berfungsi sebagai distribution center, diharapkan dapat menjadi penguatan stok pangan yang dapat digunakan sewaktu-waktu untuk intervensi saat terjadi gangguan pasokan dan harga pangan. 


"Hal ini selaras dengan arahan Kepala Badan Pangan Nasional agar masing-masing daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota memperkuat cadangan pangan pemerintah daerah atau penguatan stok pangan di pelaku usaha atau masyarakat," ujar Yudi Harsatriadi saat menghadiri launching.


Selanjutnya dilakukan juga kunjungan ke BUMD Agro Jabar dan Gudang Cadangan Pangan Kabupaten Bandung. Agro Jabar sebagai BUMD di bidang pangan memiliki wacana untuk membangun kerja sama kemitraan dengan ID FOOD dalam penyaluran atau pendistribusian bahan pangan.


Sementara di Gudang Cadangan Pangan Kabupaten Bandung, bangunan dengan kapasitas 200 ton tersebut rencananya akan dimanfaatkan oleh Asosiasi Lembaga Usaha Pangan Masyarakat atau Aslupama Jawa Barat sebagai gudang distribution center. 



Launching Puspa Jawara juga dihadiri oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Ketua Aslupama, Perum Bulog Kanwil Jawa Barat, RNI Cabang Bandung, Hakati, serta para supplier pangan mitra Puspa Jawara.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.