BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Dukung Potensi Kerja Sama Indonesia - Amerika Latin Dalam Rangka Penguatan Ketahanan Pangan Nasional

Kerjasama dan perdagangan antar negara telah menjadi keniscayaan dalam era globalisasi seperti saat ini. Begitu pula di bidang pangan, negara-negara saling bekerjasama baik untuk memenuhi kebutuhan pangan maupun motif ekonomi lainnya. 


Dalam Focus Group Discussion (FGD) “Jaring Masukan Kerja Sama Ketahanan Pangan Indonesia dengan Kawasan Amerika Latin” yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri di Solo, Jawa Tengah (6-7/5/2024), Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan NFA Rachmi Widiriani menyebut pemenuhan kebutuhan pangan nasional diutamakan bersumber dari produksi domestik, importasi hanya dilakukan apabila ketersediaannya tidak mencukupi. 


Untuk itu berdasarkan proyeksi naraca pangan periode Januari- Desember 2024, terdapat tiga komoditas yang berpotensi untuk menjalin kerja sama dengan Amerika Latin yaitu gula, kedelai, dan daging ruminansia. Sebagaimana diketahui negara-negara seperti Brazil, Mexico, dan Argentina merupakan produsen terbesar daging di dunia. 


Di sisi lain, untuk menciptakan kerja sama dua arah yang saling menguntungkan, potensi yang dapat ditawarkan Indonesia diantaranya nanas, ikan air tawar, ikan air payau, serta kelapa sawit beserta produk turunannya. Hal ini selaras dengan komitmen Presiden Joko Widodo untuk menjaga keseimbangan neraca perdagangan Indonesia. 


“Untuk menutupi kekurangan dalam negeri, kita perlu pastikan mendapatkan komoditas tersebut dengan harga terbaik. Oleh karena itu perlu dirancang siapa penanggung jawabnya, bentuk barangnya seperti apa, serta waktu dan tempat kedatangannya. Kalau kerja sama smooth, ketersediaan akan tercukupi dan harga komoditas dalam negeri akan stabil”, ujar Rachmi.

  

Lebih lanjut Rachmi mengatakan, pewujudan ketahanan pangan nasional yang mandiri dan berdaulat perlu dikolaborasikan dengan berbagai pihak untuk menjaga hulu dan hilir. Untuk itu Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi terus membangun kerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya Kementerian Luar Negeri guna memperkuat ketahanan pangan nasional.


Hadir dalam FGD tersebut Sekretaris Dirjen Amerika dan Eropa Kemenlu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Prov. Jateng, perwakilan Kementerian Pertanian, BRIN, serta asosiasi dan akademisi terkait.



#badanpangannasional #nfa #bapanas

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.