BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Dukung Sinergitas Data Informasi untuk Pengembangan Koperasi Modern

Data potensi pangan yang berada di Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) berkaitan erat dengan kementerian/lembaga lainnya. Kepala Pusat Data dan Informasi NFA Kelik Budiana mengatakan, data dan informasi pangan dapat mendukung sinergi program dan kegiatan ketahanan pangan yang ada di kementerian/lembaga lainnya. 


Hal tersebut diungkapkan Kelik dalam Rapat Konsolidasi Data Potensi Pangan pada Jumat (19/05/2023) yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia (Kemenkop UKM) melalui Asisten Deputi Pembaharuan dan Kemitraan Perkoperasian. 


Melalui pemanfaatan data tersebut, program ketahanan pangan di NFA dapat disinergikan dengan program koperasi modern oleh KemenkopUKM. Untuk itu, dalam rapat tersebut diidentifikasi keterkaitan data dan program NFA guna mendukung peningkatan produktivitas kelembagaan ekonomi di sektor pangan (perikanan, pertanian, dan kelautan) melalui kelembagaan koperasi.


Koperasi memiliki peran penting dalam kegiatan ekonomi pertanian karena dianggap dapat membantu petani untuk meningkatkan produksi sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani, peternak, dan nelayan.  Hal ini juga mendapat dukungan dari Kepala NFA Arief Prasetyo Adi bahwa kesejahteraan produsen pangan harus menjadi prioritas bersama dua elemen lain yaitu pedagang yang mendapat keuntungan serta konsumen yang memperoleh propduk pangan tersebut secara terjangkau. 


Tindak lanjut pertemuan tersebut akan dilaksanakan pembahasan teknis kerja sama antara NFA dan Kemenkop UKM. Turut hadir perwakilan dari Kementerian Pertanian dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.