NFA Dukung Sinergi Program Peningkatan Gizi Anak dan Tekan Food Waste

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) mendukung gerakan peningkatan gizi masyarakat dan pengurangan food waste melalui Gerakan Pemberian Makanan Tambahan Program Peningkatan Gizi Anak yang dilaksanakan oleh FoodBank Of Indonesia (FOI) bekerjasama dengan BUMN Angkutan Sungai Dan Pelabuhan (ASDP) di Banyuwangi, Jawa Timur (Jum’at, 9/9/2022).


Deputi II Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi NFA Nyoto Suwignyo yang menghadiri kegiatan tersebut mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh FOI dan agar dapat lebih berkembang lagi.

“Saya berharap agar FOI dapat bersinergi dengan para pengusaha dan yang memiliki kekuatan ekonomi serta memiliki produk yang dari pada dibuang lebih baik di bagikan kepada yang membutuhkan” ungkap Nyoto


FOI telah menangani FLW di 43 kabupaten, Banyuwangi merupakan yang paling maju dalam penanganannya sehingga semoga kedepan tidak hanya di posyandu ini saja tapi bisa berkembang ke posyandu lainnya, tambah Nyoto.


Secara terpisah, Kepala NFA Arief Prasetyo Adi menyambut baik kolaborasi antara lembaga, pemerintah daerah, komunitas dan privat sektor dalam memerangi kerawanan gizi dan food waste. “Sinergi ini merupakan langkah yang baik dalam memerangi kerawanan gizi dan food waste yang masih sangat tinggi. Diharapkan semua pihak dapat segera mengeksekusi berbagai program yang telah disusun,” ujarnya.


Arief menambahkan, aksi ini merupakan hal yang mendesak. Pasalnya pemborosan makanan memiliki keterkaitan erat dengan kerawanan pangan dan gizi.


Upaya ini sejalan dengan arahan Presiden RI bahwa pemerintah harus siap menghadapi krisis pangan, krisis energi dan krisis keuangan yang melanda dunia internasional. Kekurangan pangan merupakan ancaman yang nyata di tengah dinamika geopolitik dunia, perubahan iklim, dan pandemi Covid-19. Untuk itu, semua pihak harus berkolaborasi mengurangi pemborosan pangan from farm to table.


Hadir pada kesempatan tersebut, Manager SDM ASDP Cabang Ketapang, Staf Corporate Sekretaris ASDP Pusat, Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Jawa Timur, Dinas Sosial Kabupaten Ketapang, Camat Kalipuro dan Kepala Desa Ketapang.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.