BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Dukung Tersusunnya Peta Jalan Pengurangan Susut dan Sisa Pangan 2024

Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA), Nita Yulianis menyampaikan bahwa NFA memiliki komitmen untuk menggencarkan upaya pengurangan Food Loss and Waste (FLW) melalui Gerakan Selamatkan Pangan. 


Komitmen tersebut diungkapkan oleh Nita saat menerima audiensi Jejaring Pasca Panen untuk Gizi Indonesia (JP2GI) dan Life Cycle Indonesia (LCI) dalam rangka menjaring  masukan atas Rancangan Peta Jalan Pengurangan Susut dan Sisa Pangan, di Ruang Rapat Nusantara II Badan Pangan Nasional, Senin (8/1/2024).


“Hal ini selaras dengan arahan Kepala NFA, Arief Prasetyo Adi yang menekankan bahwa hal ini merupakan poin penting Transformasi Sistem Pangan Berkelanjutan untuk mewujudkan 2 SDGs penting sekaligus yaitu Zero Waste to End Hunger” tutur Nita.


Kebijakan tersebut tentunya memerlukan komitmen serta penanganan serius dari negara-negara di dunia, termasuk Indonesia. Salah satu bentuk komitmen tersebut, yaitu melalui penyusunan Peta Jalan Pengurangan Susut dan Sisa Pangan untuk mencapai Kemandirian Pangan Menuju Indonesia Emas 2045 yang diinisiasi oleh Bappenas bersama The Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN), JP2GI dan LCI. 


“Pada draft Peta Jalan Pengurangan Susut dan Sisa Pangan 2045 ini banyak hal-hal yang sifatnya birokratis yang perlu masukan dari NFA.” ujar Soen’an Hadi Poernomo selaku Ketua JP2GI.


Pada pertemuan tersebut Nita memaparkan kegiatan Gerakan Selamatkan Pangan yang telah dilakukan NFA sejak tahun 2022. Selain itu, Nita juga memberikan masukan diantaranya bahwa upaya pengurangan FLW turut mendukung pemenuhan ketersediaan pangan, sekaligus penanganan kerawanan pangan dan gizi. “Dalam upaya pengurangan FLW memerlukan kolaborasi dari semua pihak termasuk kementerian/lembaga seperti Kemendagri, Kemendikbud, Kemenparekraf, Kementan, KLHK, KKP, Kominfo, BPOM, dll. Selain itu juga perlu dilakukan langkah strategis untuk mendorong komitmen daerah, melibatkan gerakan pemberdayaan keluarga seperti TP PKK dan unsur ekonomi kreatif,” ujar Nita.

 


Ketua LCI Jessica Hanafi menyampaikan bahwa upaya yang telah dilakukan NFA terutama dlm bentuk modul, panduan, dan platform Gerakan Selamatkan Pangan untuk Pencegahan Food Waste yang telah dibuat oleh Badan Pangan Nasional akan dijadikan sebagai salah satu baseline dalam Peta Jalan yang sedang disusun.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.