BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Gandeng UGM Tingkatkan Kerja Sama Layanan Data dan Informasi Pangan


Sebagai salah satu upaya meningkatkan layanan data dan informasi pangan, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menjalin kerja sama dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. 


Kepala Pusat Data dan Informasi Pangan (Pusdatin) NFA Kelik Budiana mengatakan bahwa upaya membangun Sistem Informasi Pangan dan Gizi (SIPG) serta percepatan transformasi layanan digital pemerintahan terus dikembangkan melalui sinergi dan kerjasama dengan berbagai pihak. 


“Pusdatin Pangan sebagai penanggungjawab penyelenggaraan SIPG sedang membangun ekosistem untuk mengintegrasikan SIPG Pusat dan SIPG Daerah,” ujar Kelik dalam kunjungan ke UGM, Jumat (17/05/2024).


Kelik juga menyampaikan bahwa Pusdatin Pangan NFA sedang membangun Sistem Informasi Pagan dan Gizi (SIPG) dengan berbasis data analysis dan use case modelling menggunakan Artificial Intelligence (AI) untuk membantu tugas-tugas dari kedeputian di lingkup NFA.


“Sistem Informasi Pangan dan Gizi dengan dukungan AI memerlukan kerjasama dengan pihak lain, salah satunya akademisi, sesuai dengan pokok pilar kerja sama penta-helix yang melibatkan 5 (lima) unsur yaitu ABGCM (Academician, Business, Government, Community, and Media),” tambah Kelik. 


Ia menyampaikan rencana ke depan yang akan dilakukan adalah membangun sebuah Super Apps yang nantinya semua layanan dan transaksi data dan informasi pangan berpusat di Super Apps tersebut.


Dekan Fakultas MIPA UGM Yogyakarta Kuwat Triyana menyambut baik rencana kerja sama untuk membantu meningkatkan layanan data dan informasi pangan yang ada di Badan Pangan Nasional.



Sejalan dengan itu, Ketua Program Studi S1 Matematika Sutopo menyatakan akan menyiapkan sumber daya manusia yang dimiliki untuk berkontribusi dalam rencana tersebut.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.