BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Gandeng WFP dalam Pemutakhiran FSVA dan SKPG Indonesia Guna Kuatkan Integrasi dan Regulasi Pangan

Dalam rangka pemutakhiran informasi situasi ketahanan pangan Indonesia, Badan Pangan Nasional/Natinal Food Agency (NFA) lakukan Focus Group Discussion (FGD) di Jakarta (1/12) guna mempersiapkan kegiatan FSVA 2024 dan rencana kolaborasi bersama World Food Programme (WFP).


“Nantinya FSVA 2024 akan disusun berdasarkan empat aspek indikator yang merujuk pada indikator yang digunakan FAO dan beberapa jurnal penelitian, yaitu ketersediaan pangan, akses pangan, pemanfaatan pangan dan stability.” beber Sri Nuryanti selaku Direktur Pengendalian Kerawanan Pangan NFA.


Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa kerjasama yang dilakukan bersama dengan WFP tersebut diarahkan untuk mereview metodologi yang digunakan FSVA itu sendiri. Selain juga untuk penguatan regulasi pangan, serta integrasi FSVA dengan SKPG dalam memperluas pemanfaatannya.


“Kita menggunakan metodologi Small Area Estimation yang telah direview untuk menghasilkan data indikator tingkat kecamatan yang selanjutnya digunakan dalam penyusunan FSVA Provinsi. Ke depannya dalam pelaporan FSVA daerah diharapkan bisa dilakukan secara online.” tambahnya. 



Adapun untuk sinkronisasi FSVA Nasional dan FSVA Provinsi dan Kabupaten/Kota, Nuryanti mengatakan akan dilakukan perubahan indikator yang mengacu pada ketersediaan dan keberlanjutan data sampai dengan level analisis yang direncanakan.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.