BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Gelar Bimtek Penyusunan FSVA dan Database Rumah Tangga Rentan Rawan Pangan

Pemerintah daerah diharapkan dapat meningkatkan kualitas data FSVA maupun database rumah tangga rawan pangan agar pemanfaatan FSVA dapat dioptimalkan bagi pembangunan ketahanan pangan di daerah.


Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Nyoto Suwignyo saat membuka Koordinasi dan Bimtek Penyusunan FSVA dan Database Rumah Tangga Rentan Rawan Pangan Tahun 2023 di Depok,  Jum’at (23/6/2023).


“Pemanfaatan hasil FSVA dan hasil Database rumah tangga rentan rawan pangan akan sangat bermanfaat bagi pembangunan ketahanan pangan, karena akan dapat segera dilakukan intervernsi oleh pemerintah”, ujar Nyoto.


Bimbingan teknis (Bimtek) menghadirkan beberapa narasumber dan instruktur kegiatan dari kementerian/lembaga, universitas, dan akademisi seperti Prof. Achmad Suryana, Direktur SUPD I, Kemendagri, BPS (Direktorat Statistik Kesejahteraan Sosial dan IPB University, dan Badan Pangan Nasional.


Materi yang diberikan bimtek FSVA yaitu konsep FSVA dan urgensi dan pemanfaatannya, metodologi penyusunan FSVA, analisis data dan praktek analisis data, dan Pemetaan dan praktek pemetaan, yang kemudian dilajutkan dengan pelaporan dan penyusunan rekomendasi.


Sedangkan untuk penyusunan database rumah tangga rawan pangan diberikan materi konsepsi dan penjelasan umum kegiatan, metodologi dan instrumen, teknik input data, verifikasi, validasi data dan teknik analisis data.



Peserta bimtek merupakan petugas teknis yang menangani penyusunan FSVA dan database rumah tangga rentan rawan pangan pada 34 provinsi, dengan total peserta sebanyak 79 orang peserta.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.