NFA Gelar Penyusunan Prognosa Neraca Pangan Pusat dan Daerah

Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi meminta agar menyiapkan neraca pangan di tingkat daerah sehingga dapat diketahui secara akurat kondisi ketersediaan dan kebutuhan masing-masing. Merespon hal itu, NFA menggelar pertemuan nasional Penyusunan Prognosa Neraca Pangan Pusat dan Daerah di Yogyakarta, Kamis (01/09/2022), yang diikuti 34 dinas yang menangani urusan pangan provinsi se Indonesia.


Direktur Ketersediaan Pangan NFA, Budi Waryanto mengatakan Prognosa Neraca Pangan tidak terpisahkan dengan Neraca Komoditas, karena keduanya memperhitungkan aspek Ketersediaan dan Kebutuhan Pangan yang bersumber dari Produksi, Cadangan, Stok Awal, Barang Masuk dan Barang Keluar yang akan menghasilkan Neraca Surplus atau Neraca Defisit Pangan.


Pertemuan ini bertujuan membangun kesamaan persepsi antara aparat pusat dan daerah dalam menyusun Prognosa Neraca Pangan. Setiap aparatur pemerintah terkait diharapkan memahami dan mampu meningkatkan kinerja menyusun laporan prognosa tersebut, sehingga menjadi bahan masukan dalam perumusan kebijakan di daerah.


#badanpangannasional #ketahananpangan #pangan #prognosapangan #panganaman #stabilitaspangan #neracapangan #pangankuatindonesiaberdaulat

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.