BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Gencarkan Pengawasan Keamanan Pangan Segar

Pengawasan keamanan pangan segar terus digencarkan untuk memastikan bahwa masyarakat mendapatkan jaminan keamanan pangan. Hal ini ditekankan Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Sarwo Edhy saat melakukan kunjungan ke Brastagi Supermarket di Medan, Sumatera Utara, Rabu (17/05/2023). 


"Jadi Pengawasan pangan ini merupakan tugas dan fungsi NFA sesuai peraturan perundangan yang ada. Kepala NFA Arief Prasetyo Adi juga menegaskan bahwa pengawasan pangan akan memberikan jaminan keamanan pangan segar sehingga masyarakat rasa aman dalam mengonsumsi pangan tersebut" ujar Sarwo. 

 

Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto yang juga hadir dalam kesempatan tersebut menegaskan pentingnya label bagi produk pangan sebagai informasi yang mendukung kepastian keamanan pangan, "Label pangan merupakan persyaratan yang harus dipenuhi sesuai Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 1 Tahun 2023 tentang Label Pangan Segar. Hal ini harus menjadi acuan bagi setiap pelaku usaha dalam memberikan informasi yang benar mengenai produk pangannya." terang Andriko. 


Dari hasil pengujian beberapa bahan pangan segar berupa sayuran dan buah menunjukkan hasil negatif. "Kami uji kualitatif sejumlah sayuran dan buah. Dari hasil pengujian tersebut menunjukkan seluruhnya aman dan negatif dari cemaran yang membahayakan. " ujar Edward, Kepala UPT Laboratorium Pengujian Mutu dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Medan.  


Ia menambahkan, pihaknya juga melakukan monitoring seminggu tiga kali ke pasar tradisional dan pasar modern di Kota Medan.  "Hasilnya sejauh ini 94 persen aman. yang perlu diwaspadai untuk masyarakat setelah pembelian harus menerapkan sanitasi dengan mencuci dengan baik bahan pangan sebelum diolah." tambahnya. 


Sementara itu, Store Manager Brastagi Supermarket, Harapan Dabukke mengatakan bahwa pengawasan ini meningkatkan kewaspadaan terhadap pentingnya standar keamanan dan mutu produk pangan yang dipasarkan, "Kami ucapkan terima kasih kepada Badan Pangan Nasional di mana kolaborasi yang baik dan meyakinkan kami hasil dari uji lab tadi hasilnya negatif. Kami yakinkan konsumen kami nyaman berbelanja di Brastagi. Mengenai beberapa catatan terkait label akan kami lakukan perbaikan segera," ujarnya. 



#badanpangannasional #pangan #pangankuatindonesiaberdaulat #ketahananpangan #kemandirianpangan #kedaulatanpangan #sinergipangan

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.